Edi Purnawan, - (2014) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR ALAT UKUR SISWA KELAS X TEKNIK PERMESINAN DI SMK SWASTA TELADAN MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
plagiat, pengesahan, persetujuan.pdf - Published Version
Download (600kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran alat ukur siswa kelas X Teknik Permesinan di SMK Swasta Teladan Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di 2 (dua) kelas X Teknik Permesinan yang berjumlah 92 siswa, yaitu kelas eksperimen yang terdiri dari 45 siswa dan kelas kontrol 47 siswa. Kedua kelas tersebut yang menjadi subjek penelitian, sementara untuk kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda dalam proses penelitian. Kelas eksperimen diberi perlakuan pengajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan pengajaran dengan menggunakan metode ceramah.Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan observasi berupa pemberian tes. Tes yang diberikan berbentuk pilihan berganda sebanyak 25 butir soal. Sebelum dilakukan tes didua kelas tersebut, lebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda dimasaing – masing kelas.Dari hasil penelitian diperoleh rata – rata hasil belajar alat ukur siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 86.61, dan untuk hasil belajar alat ukur siswa yang diajar dengan menggunakan metode ceramah adalah 81,79. Dari daftar distribusi t didapat thitung = 2,477 sedangkan ttabel = 1,99, peluang = 0,975. Jadi, hipotesis Ho : μ1 = μ2 ditolak dalam taraf nyata 0,05.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran koopratif tipe STAD terhadap hasil belajar mata pelajaran alat ukur siswa kelas X Teknik Permesinan di SMK Swasta Teladan Medan Tahun Ajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.902 071 9 Pur p |
Keywords: | Hasil Belajar; Metode Belajar; Metode Ceramah |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 10 Oct 2016 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19172 |