Alif Akbar Siahaan, - (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT UKUR PADA SISWA KELAS X T. PERMESINAN SMK PEMDA R. PRAPAT T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
Cover.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Lembar Persetujuan.pdf - Published Version
Download (655kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Chapter I.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
Chapter V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Menggunakan alat ukur dianggap pelajaran yang membosankan dan menjenuhkan dalam proses pembelajaran, membuat banyak siswa yang belum memahami materi pelajaran dengan baik sehingga hasil belajarnya rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan alat ukur pada kompetensi dasar memilihara peralatan pembanding dan/ pengukuran dasar pada pokok bahasan penyetelan/pengukuran dan pemeliharaan jangka sorong dan micrometer sesuai dengan prosedur operasi standar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di kelas X Teknik Permesinan I SMK PEMDA R. Prapat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini siswa kelas X Teknik Permesinan I SMK PEMDA R. Prapat tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 30 orang siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 75 dan setelah dilakukan tindakan perbaikan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siklus II diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa menjadi 87.6. Demikian halnya dengan ketuntasan belajar siswa siklus I sebanyak 21 orang (70%) dan setelah dilakukan tindakan siklus II sebanyak 26 orang (86.6%) yang telah tuntas, sedangkan 4 orang (13.3%) masih belum tuntas. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata 45,7% tergolong cukup Aktif, dan setelah dilakukan siklus II diperoleh rata-rata 63.3% tergolong aktif. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan alat ukur pada kompetensi dasar memilihara peralatan pembanding dan/pengukuran dasar pada pokok bahasan penyetelan/pengukuran dan pemeliharaan jangka sorong dan micrometer sesuai dengan prosedur operasi standar dari hasil nilai ujian rata-rata hasil belajar 60 kemudian dilakukan tindakan pada siklus I rata-rata hasil belajar 75 sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar 86.6.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.902 071 9 Sia p |
Keywords: | Hasil Belajar; Alat Ukur; Modul Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 10 Oct 2016 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19171 |