Nasution, Haris (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PBL TERHADAP HASIL BELAJAR MERAKIT PERSONAL COMPUTER PC PADA SISWA X TEKNIK KOMPUTER JARINGANDI SMK NEGERI I TANJUNG PURA TAHUN AJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER...pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
Lembar Pernyataan.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
Lembar Persetujuan.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Merakit Personal Computer PC pada pokok bahasan Merencanakan kebutuhan dan Spesifikasi Personal Computer PC yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning PBL siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1Tanjung Pura tahun ajaran 2013 2014Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Tanjung Pura tahun ajaran 2013 2014 Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X TKJ yang berjumlah 74 orang Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara teknik random, dimana yang terpilih sebagai kelas eksperimen kelas yang menggunakan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning PBL adalah kelas X TKJ 1 yang berjumlah 37 siswa sedangkan yang terpilih sebagai kelas kontrol kelas yang menggunakan Strategi Pembelajaran Ekspositori adalah kelas X TKJ 2 yang juga berjumlah 37 siswaMetode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas test indeks kesukaran soal reliabilitas test pengolahan data dan teknik analisis data Penelitian ini dilakukan selama 3 pertemuan Hasil belajar siswa pada pokok bahasan merencanakan Kebutuhan dan Spesifikasi PC yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Strategi Pembelajaran Problem Based Learning PBL memiliki skor rata rata 24 027 sedangkan dengan menggunakan Strategi Ekspositori memiliki skor rata rata 16 648 Secara statistik dengan menggunakan uji t disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Strategi Pembelajaran Problem Based Learning PBL lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Strategi Ekspositori pada pokok bahasan Merencanakan kebutuhan dan Spesifikasi PC di kelas X SMK Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Ajaran 2013 2014 hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.392 071 9 nas p |
Keywords: | Hasil belajar; Merencanakan kebutuhan; Spesifikasi PC; PBL; Pembelajaran Ekspositori |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 10 Oct 2016 02:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19169 |