Nasution, Rahmat Azis (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR PADA SISWA KELAS X JURUSAN AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 4 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1- RAHMAT AZIS NASUTION NIM 509331030 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
15- RAHMAT AZIS NASUTION NIM 509331011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
2- RAHMAT AZIS NASUTION NIM 509331030 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
3- RAHMAT AZIS NASUTION NIM 509331030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4- RAHMAT AZIS NASUTION NIM 509331030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5- RAHMAT AZIS NASUTION NIM 509331030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
6- RAHMAT AZIS NASUTION NIM 509331030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7- RAHMAT AZIS NASUTION NIM 509331030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8- RAHMAT AZIS NASUTION NIM 509331030 BAB I.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
12- RAHMAT AZIS NASUTION NIM 509331030 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
13- RAHMAT AZIS NASUTION NIM 509331030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
NIM 509331030 RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar teknik elektronika dasar siswa kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 4 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 4 Medan yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X AV1 sebagai kelas eksperimen (kelas yang menggunakan strategi pembelajaran STAD) yang berjumlah 34 orang dan kelas X AV2 sebagai kelas kontrol ( kelas yang menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori ) yang berjumlah 34 orang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes objektif. Untuk menguji normalitas dari data hasil belajar digunakan uji Liliefors pada α 0,05. Pada pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran STAD diperoleh Lhitung = 0,107 dan Ltabel = 0,152, sehingga Lhitung (0,107) < Ltabel (0,152) dan data hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran STAD berdistribusi normal, dan pada pembelajaran dengan mennggunakan strategi pembelajaran ekspositori diperoleh Lhitung = 0.135 dan Ltabel = 0.152, maka Lhitung (0.135) < Ltabel (0.152) dan data hasil belajar siswa dengan mennggunakan strategi pembelajaran ekspositori berdistribusi normal. Untuk menguji homogenitas data hasil penelitian digunakan uji kesamaan kedua varians yaitu uji F pada α 0,05, maka diperoleh Fhitung = 1,42 dan Ftabel = 1,78, sehingga Fhitung (1,42) < Ftabel (1,78) dan disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Temuan penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Strategi Ekspositori, hal ini dibuktikan dari hasil uji t, diperoleh thitung > ttabel yaitu 28.48 > 1.66.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.381 071 9 Nas p |
Keywords: | Hasil Belajar; Teknik Elektronika Dasar; Strategi Pembelajaran; Student Teams Achievement Division (STAD) |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19164 |