Sinaga, Horas Salomo (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) DENGAN MEDIA CD TERHADAP HASIL BELAJAR MEMPERBAIKI MOTOR LISTRIK DI SMK NEGERI 2 SIATAS BARITA, TARUTUNG, TAPANULI UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
SAMPUL.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
DAFTAR isi.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
BAB 1.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir dengan media CD pembelajaran berbasis hypercam dengan strategi pembelajaran ekspositori dengan media CD pembelajaran berbasis hypercam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok penelitian. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Siatas Barita pada semester satu tahun ajaran 2014/2015. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik yang terbagi atas dua kelas. Secara acak kelas dibagi atas kelas perlakuan dan kelas kontrol. Kelas XII TITL 1 menjadi kelas perlakuan yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir dengan media CD berbasis hypercam dan kelas XII TITL 2 menjadi kelas kontrol yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori dengan media CD berbasis hyperam. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar memperbaiki motor listrik yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir dengan media CD interaktif berbasis hypercam adalah berdistribusi normal dimana Ltabel = 0,16 > Lhitung = 0,11 dan data hasil belajar memperbaiki motor listrik yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori dengan media CD interaktif berbasis hypercam adalah berdistribusi normal dimana Ltabel = 0,16 > Lhitung = 0,12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir dengan media CD berbasis hypercam lebih baik dibandingkan dengan strategi pembelajaran ekspositori dengan media CD berbasis hypercam, dimana (thitung = 21,17 > ttabel = 1,68) Sehingga dalam proses belajar mengajar, perlunya pemilihan strategi yang tepat dan efektif pada setiap mata pelajaran dan sub kompetensi. Terutama pada mata pelajaran Memperbaiki Motor listrik dapat menerapkan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir dengan media CD berbasis hypercam karena telah teruji dapat meningkatkan hasil belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.460 719 Sin p |
Keywords: | Hasil Belajar; Memperbaiki Motor Listrik; Strategi Pembelajaran Ekspositori; Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19161 |