Mukti, Andri (2014) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELAKUKAN PERAWATAN PERSONAL COMPUTER (PC) PADA KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2.1.SURAT PLAGIAT.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
2.2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
2.3.LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
2.4.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
3.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
4.DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
8.BAB I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
12.BAB V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Jumlah sampel penelitian adalah sebanyak 40 orang di kelas X TKJ 1. Tindakan yang diberikan adalah pembelajaran dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) sebanyak dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar sebanyak 35 butir soal dan untuk mengetahui aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi. Data diperoleh dengan melakukan tes hasil belajar terhadap siswa setelah melaksanakan tindakan. Tes yang dilakukan adalah sebanyak 2 kali yaitu tes siklusi I dan tes siklus II.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dapat meningkatkan hasil belajar Melakukan Perawatan PC. Hal ini terlihat dari tes pra tindakan yang sebelumnya dilakukan yakni rata – rata 45,25 dan presentasenya 10% kemudian pada siklus I meningkat menjadi nilai rata-rata 58,825 dengan ketuntasan klasikal sebesar 30%. Karena Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I belum tuntas maka tindakan dilanjutkan ke siklus II dengan nilai rata-rata tes hasil belajar 76,3 dan ketuntasan klasikal sebesar 85%. Dari hasil observasi, pada siklus I performance guru dalam mengajar diperoleh nilai rata-rata 73,60 dan aktivitas kegiatan siswa selama mengikuti pelajaran diperoleh nilai rata-rata 80. Sedangkan pada siklus II ternyata terjadi peningkatan dimana performance guru dalam mengajar memperoleh nilai rata - rata 88,89 dan aktivitas kegiatan siswa selama mengikuti pelajaran memperoleh nilai rata – rata 94.Selain meningkatkan hasil belajar siswa, penggunaan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.390 719 Muk p |
Keywords: | Evaluasi Hasil Belajar; Strategi Pembelajaran; PIK; Perawatan PC |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19159 |