Parapat, Haposan A. (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MINAT KEJURUAN TERHADAP HASIL BELAJAR MENERAPKAN PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIKA SISWA PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
Surat pernyataan_lembar persetujuan_pengesahan.pdf - Published Version
Download (749kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan minat kejuruan terhadap hasil belajar MPKE siswa kelas I SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok yang akan diteliti yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol.Penelitian ini dilakukan pada kelas I pada program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Medan dimana seluruh siswa sebanyak 152 orang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas I-TITL1 = 30, I-TITL2 = 31, I-TITL3 = 30, I-TITL4 = 31 dan I-TITL5 = 30. Subjek penelitian ini diambil dengan teknik total sampling, yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebanyak 30 orang di kelas I-TITL5 dan kelompok perlakuan model pembelajaran konvensional sebanyak 30 orang di kelas I-TITL1. Data penelitian dikumpul dengan mempergunakan tes hasil belajar MPKE dan dianalisis dengan anava dua jalur pada taraf signifikansi 5%.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas tes, indeks kesukaran tes, reliabilitas tes, pengolahan data, dan teknik analisis data. Penelitian ini dilakukan selama 3 pertemuan. Hasil belajar siswa pada MPKE yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki skor rata-rata 23,36 sedangkan dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori memiliki skor rata-rata 21,36. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran ekspositori memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar MPKE siswa tingkat I SMK Negeri 2 Medan dimana (Fhitung =5,27 > Ftabel =3,01), (2) tinggi rendahnya minat kejuruan memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar MPKE siswa tingkat I SMK Negeri 2 Medan dimana (Fhitung = 5,272 > Ftabel = 4,016), (3) ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran ekspositori dengan minat kejuruan siswa tingkat I SMK Negeri 2 Medan dimana (Fhitung< Ftabel (1,14 < 1,18).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.381 330 719 Put p |
Keywords: | Hasil Belajar MKPKE; Kooperatif; STAD; Ekspositori; Minat Kejuruan |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 07:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19135 |