PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK DASAR SISWA KELAS 1 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 BINJAI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BET

Khairizar, - (2014) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK DASAR SISWA KELAS 1 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 BINJAI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BET. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (686kB) | Preview
[thumbnail of BAB 5.pdf]
Preview
Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Menggambar Teknik Dasar siswa kelas 1 di SMK N 2 Binjai dengan menerapakan pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Binjai Tahun Ajaran 2013/2014 dengan jumlah 28 orang, metode penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata Keaktifan dan hasil belajar siswa pada saat penelititian ini dilaksanakan.Hasil penelitian dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe example non example pada siklus 1 keaktifan belajar siswa belum mengalami peningkatan, tetapi setelah dilakukan siklus 2 keaktifan belajar siswa meningkat. Dimana pada siklus 1 nilai rata-rata keaktifan belajar siswa adalah 72,90 dengan kategori kurang aktif 6 orang (21,42%), Cukup aktif 14 orang (50%), Aktif 8 orang (28,57%), dan sangat aktif tidak ada (0%). Sedangkan pada siklus 2 keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dengan nilai rata-rata 78,185 dengan kategori aktif, kurang aktif 3 orang (10,71), Cukup aktif 14 orang (50%), aktif 9 orang (32,14%), dan sangat aktif 1 orang (3,57%) dari nilai ideal 100.Rata-rata hasil belajar Menggambar Teknik Dasar siswa setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe example non example mengalami peningkatan, dimana dari siklus 1 nilai rata-rata hasil belajar menggambar teknik dasar siswa adalah 74,34 dengan keterangan siswa tidak kompeten sebanyak 7 orang (25%), Cukup Kompeten 14 orang (50 %), kompeten 6 orang (21,42%), dan Sangat kompeten 1 orang (3,57 %). Dari nilai ideal 100, didapat nilai perolehan rata-rata hanya 74,34 yaitu Cukup Kompeten. Pada siklus 2 nilai rata-rata hasil belajar menggambar teknik dasar siswa meningkat menjadi 82,3 dengan keterangan siswa tidak kompeten 2 orang (7,14%), cukup kompeten sebanyak 7 orang (25%), kompeten 15 orang (53,57 %), dan sangat kompeten 4 orang (14,28%). Dari nilai ideal 100, nilai perolehan rata-rata hanya 82,3 yaitu tergolong dalam kategori kompeten. Dari data-data hasil penelitian yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa meningkat dengan menerapkan pembelajaran kooperif tipe example non example.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 604.207 19 Kha p
Keywords: Keaktifan Belajar; Menggambar Teknik; Teknik Dasar Bangunan; Metode Pembelajaran Kooperatif; Tipe Etamples Non Examples
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 28 Sep 2016 06:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19117

Actions (login required)

View Item
View Item