Lubis, Safwan Efendi (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE GROUP INVESTIGAGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DANHASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK SISWA KELAS XPROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 STABATTAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2 surat pernyataan, persetujuan, pengesahan.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
3 abstrak.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
5 Daftar isi.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
6 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
7 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
8 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
9 BAB 1.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
13 BAB 5.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Mekanika Teknik siswa kelas X di SMK N 1 Stabat dengan menerapakanpembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Stabat Tahun Ajaran 2013/2014 dengan jumlah 31 orang, metode penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa pada saat penelititian ini dilaksanakan.Sebelum penelitian ini dilaksanakan terlebih dahulu angket dan tes belajarMekanika Teknik di uji cobakan dilanjutkan dengan uji validitas dan reliabilitas. Untuk perhitungan uji validitas butir angket digunakan rumus Bevariate Pearson dan uji reliabilitas digunakan rumus Cronbachs Alpha. Suatu butir tes dikatakanvalid apabila rhitung > rtabel pada taraf signifikan 5%. Dengan hasil angket digunakan 42 soal dengan α bernilai 0,936, maka reliabilitas soal adalah sangat tinggi. Untuk perhitungan uji validitas butir soal digunakan rumus Bevariate Pearson dan uji reliabilitas digunakan K-R 20. Dengan hasil tes digunakan 22soal dengan nilai r11 = 0,886 maka reliabilitas soal adalah sangat tinggi untuk siklus 1, dan 21 soal dengan nilai r11 = 0,943 maka reliabilitas soal adalah sangat tinggi untuk siklus 2. Hasil penelitian dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe GroupInvestigation pada siklus 1 motivasi belajar siswa belum mengalami peningkatan, tetapi setelah dilakukan siklus 2 motivasi belajar siswa meningkat. Dimana pada siklus 1 nilai rata-rata motivasi belajar siswa adalah 68,36 dengan kategori SangatRendah tidak ada, Rendah 8 orang, Sedang 6 orang, Tinggi 13 orang, dan sangat tinggi 4 orang. Sedangkan pada siklus 2 motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dengan nilai rata-rata 82,24 dengan kategori sangat rendah tidak ada, rendah tidak ada, sedang 3 orang, tinggi 14 orang, dan sangat tinggi 14 orang.Rata-rata hasil belajar Mekanika Teknik siswa setelah penerapanpembelajaran kooperatif tipe Group Investigation mengalami peningkatan, dimana dari siklus 1 nilai rata-rata hasil belajar Mekanika Teknik siswa adalah 69,21 dengan kategori Tidak Kompeten 6 orang siswa, Kurang Kompeten tidak ada, Cukup Kompeten 20 orang siswa, Kompeten 4 orang siswa, dan Sangat Kompeten 1 orang siswa. Pada siklus 2 nilai rata-rata hasil belajar Mekanika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.071 9 Lub p |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Motivasi belajar; Hasil belajar; Mekanika teknik; Keseimbangan benda. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 08:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19111 |