Sagala, Pritoni (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 BINJAI TAHUN AJARAN 20013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. SURAT PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
3. ABSTRAK-ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (521kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh strategi pembelajaran aktif The Power of Two dan strategi pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu bahan bangunan pada siswa kelas XI TGB SMK Negeri 2 Binjai Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif The Power of Two terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu bahan bangunan pada siswa kelas XI TGB SMK Negeri 2 Binjai Tahun Ajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI TGB SMK Negeri 2 Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TGB SMK Negeri 2 Binjai Tahun Ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 2 kelas dan jumlah seluruh populasi adalah 63 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XI TGB1 yang berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TGB2 yang berjumlah 31 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak sebanyak 15 butir soal, dimana sebelumnya telah di uji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, reliabilitas tes, daya pembeda tes, dan tingkat kesukaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran aktif the power of two lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran aktif the power of two adalah pre test sebesar 4,56 dan post test sebesar 12 sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah pre test sebesar 4,3 dan post test sebesar 10,42. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh t_hitung > t_tabel yaitu 4,21 > 1,67 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan model pembelajaran akti the power of two terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu bahan bangunan pada siswa kelas XI TGB di SMK Negeri 2 Binjai T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 691.071 9 Sag p |
Keywords: | Strategi Pembelajaran Aktif; Metode Konvensional; Pembelajaran Aktif The Power Of Two; Hasil Belajar; Ilmu Bahan Bangunan |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 07:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19104 |