Zulhisani, - (2014) PERBEDAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PRIVIEW-QUESTION-READ-REFLECT-RECITE-REVIEW) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR KONSTRUKSI KAYU PADA SISWA TINGKAT 1 PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI BANGUNAN SMK NEGERI 2 RANTAU UTARA TAHUN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN dan PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (691kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
15. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara strategi pembelajaran PQ4R (Priview-Question-Read-Reflect-Recite-Review) dengan Strategi Pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar Konstruksi Kayu pada Siswa Tingkat I Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas semester genap Tahun Pembelajaran 2013/2014. Sampel penelitian diperoleh teknik sampel populasi yaitu dengan mengambil seluruh kelas sebagai sampel penelitian, maka sampel peneltian ini adalah kelas X program keahlian Konstruksi bangunan di SMK Negeri 2 Rantau Utara pada semester genap Tahun pembelajaran 2013/2014 yang terdiri dari KB¹ berjumlah 31 orang dan KB² berjumlah 31 orang sehingga jumlah keseluruhan sampel adalah 62 orang.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test obejektif. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Pada pembelajaran siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran PQ4R (Priview-Question-Read-Reflect-Recite-Review) diperoleh L_Hitung (0,1169) < L_Tabel (0,1591) pada kategori normal dan pada pembelajaran siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Konvensional diperoleh L_Hitung (0,1159) < L_Tabel (0,1591) pada kategori normal. Untuk menguji homogenitas dengan membandingkan varians kedua kelas sehingga diperoleh nilai F_Hitung 1,05 < F_Tabel 1,84 dan disimpulkan kedua kelas penelitian adalah homogen.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara Strategi Pembelajaran PQ4R (Priview-Question-Read-Reflect-Recite-Review) Dan Strategi Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Konstruksi Kayu Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Konstruksi Bangunan SMK Negeri 2 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan nilai t_Hitung 2,43 > t_(Tabel(0,975;60)) 2,00.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 694.107 19 Zul p |
Keywords: | Hasil Belajar; Konstruksi Kayu; Strategi Pembelajaran; Pembelajaran PQ4R; Pembelajaran Konvensional |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 04:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19103 |