Abkar, - (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELAKSANAKAN DASAR-DASAR SURVEY DAN PEMETAAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN SURVEY PEMETAAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (653kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
10. BAB I.pdf - Published Version
Download (573kB) | Preview
14. BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Melaksanakan Pekerjaan Dasar-Dasar Survey dan Pemetaan Siswa Kelas X Program Keahlian Survey Pemetaan SMK N 3 Takengon dengan menerapkan model pembelajaran Integratif. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas X Program Keahlian Survey Pemetaan SMK N 3 Takengon Tahun Ajaran 2013/2014.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (Planning), tindakan (Acting), pengamatan (Observing), dan refleksi (Reflecting). Jumlah partisipan dalam pelaksanaan siklus sebanyak 18 siswa pada program keahlian Teknik Survey Pemetaan Tahun Ajaran 2013/2014.Berdasarkan uji coba instrumen pada siklus I didapat hasil tes Melaksanakan Pekerjaan Dasar-Dasar Survey Dan Pemetaan yaitu 12 butir soal dikategorikan valid dan 3 butir soal dikategorikan tidak valid. Indeks kesukaran tes hasil belajar yaitu 12 butir soal dikategorikan sedang, 2 butir soal dikategorikan mudah dan 1 butir soal dikategorikan sukar. Daya pembeda soal hasil belajar yaitu 8 butir soal dikategorikan baik, 5 butir soal dikategorikan cukup baik dan 1 butir soal dikategorikan buruk. Reliabilitas butir soal keseluruhan sangat tinggi yaitu 885.Sedangkan uji coba instrumen pada siklus II didapat hasil tes melaksanakan pekerjaan dasar-dasar survey dan pemetaan yaitu 11 butir soal dikategorikan valid dan 4 butir soal dikategorikan tidak valid. Indeks kesukaran tes hasil belajar yaitu 11 butir soal dikategorikan sedang, 3 butir soal dikategorikan mudah dan 1 butir soal dikategorikan sukar. Daya pembeda soal hasil belajar yaitu 7 butir soal dikategorikan baik, 5 butir soal dikategorikan cukup baik dan 3 butir soal dikategorikan buruk. Reliabilitas butir soal keseluruhan sangat tinggi yaitu 870.Hasil penelitian dengan menerapkan pembelajaran Integratif , dimana dari siklus I nilai rata-rata hasil belajar Melaksanakan Pekerjaan Dasar-Dasar Survey Dan Pemetaan adalah 64.44 dengan keterangan siswa kategori nilai tidak tuntas sebanyak 9 siswa (50.00%), Cukup 7 siswa (38.88%), dan Baik 2 siswa (11.11%). Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar Melaksanakan Dasar-Dasar Survey Dan Pemetaan meningkat menjadi 81.30 dengan keterangan siswa dengan kategori cukup sebanyak 6 siswa (33,33%), Baik 7 siswa (38.88%) dan kategori sangat baik 5 siswa (27.77%) atau 100% siswa mencapai KKM.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa dengan melakukan penerapan model pembelajaran Integratif dapat meningkatkan hasil belajar Melaksanakan Pekerjaan Dasar-Dasar Survey Dan Pemetaan pada materi pengukuran sifat datar kerangka dasar vertikal di Kelas X Program Keahlian Survey Pemetaan SMK Negeri 3 Takengon Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 607.207 19 Abk p |
Keywords: | Hasil Belajar; Dasar-Dasar Survey; Pemetaan; Model Pembelajaran Integratif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19097 |