Hadi, Umar (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK (GT) SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA YPD T.TINGGI YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN -.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. BAB 1.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar gambar teknik di kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta YPD Tebing Tinggi.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKR yang terdiri dari 2 kelas pada semester I Tahun Ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara clauster random sampling dengan mengambil 2 kelas, X TKR1 sebagai kelas eksperimen dan X TKR2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda sebanyak 25 soal yang sudah diujicobakan dan dianalisis terlebih dahulu. Sebelum dilakukan perlakuan pada 2 (dua) kelas tersebut terlebih dahulu diberikan pretest untuk memperoleh data awal dan mengetahui kemampuan kedua kelas tersebut apakah sama atau tidak. Setelah diberikan perlakuan kemudian diberikan posttest untuk memperoleh data hasil belajar sebagai alat pengumpul data penelitian. Data diambil dari hasil belajar yang dicapai oleh siswa dan selanjutnya dianalisis untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji t.Hasil dari penelitian menunjukkan hasil belajar siswa sebelum pembelajaran antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan awal yang hampir sama, ditunjukkan dengan peroleh rata - rata nilai pretest dari kelas eksperimen 49,33 dan kelas kontrol sebesar 49,07. Sesudah perlakuan pembelajaran kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran problem based learning hasilnya lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Ditunjukkan dengan perolehan rata - rata nilai posttest dari kelas eksperimen 84,67 dan kelas kontrol sebesar 78,53. Dari hasil analisis uji hipotesis dengan taraf α = 0,05 dan dk 58 data perbandingan nilai posttest dari kedua kelas didapat bahwa harga thitung > ttabel (2,7598 > 1,6723) maka H0 ditolak, dengan demikian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Gambar Teknik siswa kelas X TKR SMK Swasta YPD Tebing Tinggi yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.807 19 Had p |
Keywords: | Hasil Belajar; Gambar Teknik; Teori; Model Pembelajaran; STAD (Student Team Achievement Devision) |
Subjects: | M Music and Books on Music > MT Instruction and study |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 16 Jul 2019 07:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19040 |