Nasution, Muhammad Ikbal (2014) PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT UKUR PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA YAHDI T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
2. Surat Pernyataan Guru.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
3. Surat Pernyataan Tidak Plagiat.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
5. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
6. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
7. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
8. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
10. BAB I.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
14. BAB V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
15. Dafta Pustaka.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Menggunakan alat ukur dianggap pelajaran yang membosankan dan menjenuhkan dalam proses pembelajaran, membuat banyak siswa yang belum memahami materi pelajaran dengan baik sehingga hasil belajarnya rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan alat ukur pada kompetensi dasar menggunakan dan merawat alat ukur mekanik pokok bahasan penyetelan, pengukuran dan pemeliharaan jangka sorong dan micrometer melalui pemberian penguatan (Reinforcement) pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta YAHDI.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta YAHDI T.A 2013/2014 sebanyak 34 siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi.Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 75,8 dan setelah dilakukan tindakan perbaikan pemberian penguatanpada siklus II diperolehrata-rata nilai hasil belajar siswa menjadi 85,2. Demikian halnya dengan ketuntasan belajar siswa siklus I sebanyak 25siswa (73,5%) dan setelah dilakukan tindakan siklus II sebanyak 29siswa (85,3%) yang telah tuntas, sedangkan 5siswa (14.7%) masih belum tuntas.Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata 46,3 tergolong cukup Aktif, dan setelah dilakukan siklus II diperoleh rata-rata 63,2 tergolong aktif.Pengolahan pembelajaran yang dilakukan guru meningkat dengan rata-rata nilai akhir 3 (baik) pada siklus I, meningkat menjadi 3,87 (sangat baik) pada siklus II.Disimpulkan bahwa dengan pemberian penguaatan (reinforcement)dapat meningkatkan hasil belajar siswamenggunakan alat ukur dari hasil nilai semester rata-rata hasil belajar 65,9 kemudian dilakukan tindakan pada siklus I rata-rata hasil belajar 75,8 sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar 85,2.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 629.280 719 Nas p |
Keywords: | Penguatan; Prinsip Penguatan; Komponen; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Kendaraan Ringan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 16 Jul 2019 07:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19039 |