Siregar, Idham Juanda (2014) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMAMPUAN MEMBACA GAMBAR TEKNIK DENGAN HASIL PRAKTEK MELAKUKAN PEKERJAAN DENGAN MESIN BUBUT SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM (509121017) COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM (509121017) LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
3. NIM (509121017) ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4. NIM (509121017) KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM (509121017) DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6. NIM (509121017) DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7.NIM (509121017) DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
10. NIM (509121017) BAB I.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
14. NIM (509121017) BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
9. NIM (509121017) DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara Kecerdasan Emosional Dan Kemampuan Membaca Gambar Teknik Dengan Hasil Praktek Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Bubut Siswa Klas XII SMK Negeri 2 Medan yang terdiri dari 3 kelas sebanyak 93 siswa.Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Data Kecerdasan Emosional menggunakan angket, Kemampuan Membaca Gambar Teknik menggunakan tes, dan Hasil Praktek Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Bubut menggunakan metode dokumentasi. Instrument Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Membaca Gambar Teknik diuji coba di SMK Negeri 5 Medan. Untuk uji coba instrument angket dihitung dengan menggunakan Product Moment dan untuk instrument tes dihitung dengan menggunakan Korelasi Biserial dengan jumlah soal terdiri dari 30 butir pada setiap variabel. Diperoleh 25 butir tes yang valid untuk Kecerdasan Emosional dengan reliabilitas 0,846; dan 24 butir tes yang valid untuk Kemampuan Membaca Gambar Teknik dengan reliabilitas 0,531. Dengan demikian kedua variabel memiliki tingkat reliabilitas yang sangat tinggi.Tingkat kecenderungan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XII SMK Negeri 2 Medan berada dalam kategori Cukup 71% sementara Kemampuan Membaca Gambar Teknik berada dalam kategori baik (Kompeten) 48% dan Hasil Praktek Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Bubut berada dalam ategori baik 71%.Hasil analisis pengujian hipotesis dalam penelitian ini diperoleh bahwa 1) Kecerdasan Emosional dengan Hasil Praktek Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Bubut (Ha diterima) dengan ry.1 = 0,844 > rtabel = 0,227 dan besar thitung = 6,02 > ttabel = 1,990; 2) Kemampuan Membaca Gambar Teknik dengan Hasil Praktek Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Bubut (Ha diterima) dengan ry.2 = 0,829 > rtabel = 0,227 dan besar thitung = 5,24 > ttabel = 1,990; 3) Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Membaca Gambar Teknik Dengan Hasil Praktek Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Bubut (Ha diterima) dengan R = 0,889 > rtabel = 0,227 dan besar Fhitung = 136,2 > Ftabel = 3,124.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.943 071 9 Sir h |
Keywords: | Kecerdasan Emosional; Kemampuan Membaca; Gambar Teknik; Hasil Praktek; Mesin Bubut |
Subjects: | M Music and Books on Music > MT Instruction and study |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 18 Jul 2019 01:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19036 |