Damanik, Yan Mahesa (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF GAMBAR TEKNIK YANG DIAJAR MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DENGAN PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS XI SMK N 2 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (764kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif gambar teknik yang diajar dengan pembelajaran berbasis komputer dengan pembelajaran direct instruction pada siswa kelas XI SMK N 2 Pematangsiantar. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI TP SMK N 2 Pematangsiantar yang berjumlah 90 orang. Sampel dari penelitian ini adalah kelas XI TP 1 yang merupakan kelompok eksperimen dan kelas XI TP 2 yang merupakan kelompok kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes objektif pilihan ganda yang digunakan untuk menilai kemampuan kognitif siswa. Instrumen penelitian diuji dengan uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda. Teknik analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t digunakan untuk menganalisis data. Berdasarkan peneltian yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kognitif gambar teknik yang diajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis komputer dengan pembelajaran direct instruction. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran berbasis komputer dinilai lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran direct instruction. Hal ini dibuktikan dari uji t dan diperoleh bahwa thitung sebesar 6,00. Dengan dk = (27+25-2) = 50 pada taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh bahwa ttabel = 1,675, dengan demikian thitung > ttabel atau 6,00 > 1,675.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.807 19 Dam p |
Keywords: | Hasil Belajar; Menggambar Teknik; Komputer; Pembelajaran Direct Instruction; Sintaks PBK dan DI |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 18 Jul 2019 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19033 |