PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK LISTRIK DASAR MESIN SISWA SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Purba, Wahyu Yohanes (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK LISTRIK DASAR MESIN SISWA SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. WAHYU YOHANES PURBA 5101121019 COVER.pdf]
Preview
Text
1. WAHYU YOHANES PURBA 5101121019 COVER.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 2. WAHYU YOHANES PURBA 5101121019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. WAHYU YOHANES PURBA 5101121019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (592kB) | Preview
[thumbnail of 3. WAHYU YOHANES PURBA 5101121019 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. WAHYU YOHANES PURBA 5101121019 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 4. WAHYU YOHANES PURBA 5101121019 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. WAHYU YOHANES PURBA 5101121019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 5. WAHYU YOHANES PURBA 5101121019 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. WAHYU YOHANES PURBA 5101121019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 6. WAHYU YOHANES PURBA 5101121019 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. WAHYU YOHANES PURBA 5101121019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 7. WAHYU YOHANES PURBA 5101121019 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. WAHYU YOHANES PURBA 5101121019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 9. WAHYU YOHANES PURBA 5101121019 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. WAHYU YOHANES PURBA 5101121019 BAB I.pdf - Published Version

Download (729kB) | Preview
[thumbnail of 13. WAHYU YOHANES PURBA 5101121019 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. WAHYU YOHANES PURBA 5101121019 BAB V.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 14. WAHYU YOHANES PURBA 5101121019 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. WAHYU YOHANES PURBA 5101121019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar Teknik Listrik Dasar Mesin siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Sesuai dengan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan rancangan analisis statistik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Pemesinan. Sampel penelitian ini adalah Kelas X MP 1 dan Kelas X MP 2. Kelas X MP 2 ditetapkan sebagai kelompok eksperimen yang akan diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe GI sedangkan Kelas X MP 1 ditetapkan sebagai kelompok kontrol yang akan diajar dengan menggunakan konvensional. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar Teknik Listrik Dasar Mesin siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukkan dengan harga Lhitung lebih kecil dari Ltabel atau Lhitung 0,122 < Ltabel 0,157 yang berarti bahwa data hasil belajar Teknik Listrik Dasar Mesin siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berasal dari populasi yang berdistribusi normal, Fhitung lebih kecil dari Ftabel atau Fhitung 0,124 < Ftabel 0,181 diambil kesimpulan bahwa data hasil belajar Teknik Listrik Dasar Mesin antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional (Ceramah) adalah Homogen, thitung lebih besar dari ttabel atau thitung 3,12 > ttabel 1,67 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan sekaligus menerima Ha yaitu hasil belajar Teknik Listrik Dasar Mesin siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation lebih tinggi dari hasil belajar Teknik Listrik Dasar Mesin siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 621.310 719 Pur p
Keywords: Model Pembelajaran; Pembelajaran Konvensional; Tipe Group Investigation; Hasil Belajar; Teknik Listrik; Dasar Mesin
Subjects: N Fine Arts > ND Painting > ND1470 Technique and materials
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 18 Jul 2019 04:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19027

Actions (login required)

View Item
View Item