Purba, Wahyu Yohanes (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK LISTRIK DASAR MESIN SISWA SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. WAHYU YOHANES PURBA 5101121019 COVER.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
2. WAHYU YOHANES PURBA 5101121019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (592kB) | Preview
3. WAHYU YOHANES PURBA 5101121019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. WAHYU YOHANES PURBA 5101121019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
5. WAHYU YOHANES PURBA 5101121019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. WAHYU YOHANES PURBA 5101121019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. WAHYU YOHANES PURBA 5101121019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. WAHYU YOHANES PURBA 5101121019 BAB I.pdf - Published Version
Download (729kB) | Preview
13. WAHYU YOHANES PURBA 5101121019 BAB V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
14. WAHYU YOHANES PURBA 5101121019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar Teknik Listrik Dasar Mesin siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Sesuai dengan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan rancangan analisis statistik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Pemesinan. Sampel penelitian ini adalah Kelas X MP 1 dan Kelas X MP 2. Kelas X MP 2 ditetapkan sebagai kelompok eksperimen yang akan diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe GI sedangkan Kelas X MP 1 ditetapkan sebagai kelompok kontrol yang akan diajar dengan menggunakan konvensional. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar Teknik Listrik Dasar Mesin siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukkan dengan harga Lhitung lebih kecil dari Ltabel atau Lhitung 0,122 < Ltabel 0,157 yang berarti bahwa data hasil belajar Teknik Listrik Dasar Mesin siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berasal dari populasi yang berdistribusi normal, Fhitung lebih kecil dari Ftabel atau Fhitung 0,124 < Ftabel 0,181 diambil kesimpulan bahwa data hasil belajar Teknik Listrik Dasar Mesin antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional (Ceramah) adalah Homogen, thitung lebih besar dari ttabel atau thitung 3,12 > ttabel 1,67 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan sekaligus menerima Ha yaitu hasil belajar Teknik Listrik Dasar Mesin siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation lebih tinggi dari hasil belajar Teknik Listrik Dasar Mesin siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional..
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.310 719 Pur p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Pembelajaran Konvensional; Tipe Group Investigation; Hasil Belajar; Teknik Listrik; Dasar Mesin |
Subjects: | N Fine Arts > ND Painting > ND1470 Technique and materials |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 18 Jul 2019 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19027 |