Jamil, Bahrum (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODELKOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN EKSPOSITORI PADA MATA PELAJARAN DASAR ELEKTRONIKASISWA KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO (TAV) DI SMK NEGERI 1 PANGKATAN TAHUN AJARAN 2012/ 20. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (571kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Perbedaan Hasil Belajar Sub KompetensiMenguasai mata pelajaran dasar elektronika antara siswa yang dibelajarkan dengan model kooperatiftipe numbered head together (NHT) dan Ekspositori pada mata pelajaran dasar elektronika siswa kelasx teknik audio video di smk negeri 1 pangkatan tahun ajaran 2012/ 2013.Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental, yang mana dalampelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok eksperimen. Populasi dalampenelitian ini adalah siswa kelas X teknik audio video di Smk Negeri 1 Pangkatan yang mengikutikompetensi pada mata pelajaran dasar elektronika siswa kelas X teknik audio video yang terdiri dari 2kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil seluruh sampel atau secara total sampling, yaitu kelaseksperimen (kelas yang menerapkan Model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Together(NHT) adalah kelas X TAV-1 yang berjumlah 34 siswa serta kelas X TAV-2 menjadi kelas kontrol(kelas yang menerapkan Model pembelajaran Ekspositori) yang berjumlah 34 siswa. Jadi total subjekyang akan diteliti adalah sebanyak 68 siswa.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh terdapat perbedaan hasil belajar sub kompetensi padamata pelajaran dasar elektronika siswa kelas X teknik audio video antara siswa yang dibelajarkandengan model kooperatif tipe numbered head together (NHT) dan Ekspositori, dimana hasil belajarsiswa yang menerapkan Model kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) lebih tinggi dari hasilbelajar siswa pada mata pelajaran dasar elektronika untuk kelas yang menerapkan pembelajaranEkspositori. Nilai rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 20,029 dan rata-rata pada kelaskelompok ekspositori sebesar 15,323. Untuk menguji normalitas data digunakan uji lilliefors padataraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Uji normalitas instrumen pada mata pelajaran dasar elektronikasiswa kelas X teknik audio video dengan Strategi Tipe Numbered Head Together (NHT) diperolehLhitung sebesar 0,0110 dan Ltabel sebesar 0,152 karena Lhitung < Ltabel atau 0,0110 < 0,152, maka datainstrumen pada kelas eksperimen pada kategori normal, uji normalitas instrument pada mata pelajarandasar elektronika siswa kelas X teknik audio video dengan stategi pembelajaran ekspositori diperolehLhitung sebesar 0,0877 dan Ltabel = 0,152 karena Lhitung < Ltabel atau 0,0877 < 0,152, maka datainstrumen pada kelas kontrol pada kategori normal. Uji homogenitas instrument hasil belajar siswapada mata pelajaran dasar elektronika siswa kelas X teknik audio video diperoleh Fhitung sebesar 1,251dan Ftabel 3,78 karena Fhitung < Ftabel atau 1,251 < 3,78 maka seluruh varians adalah homogen, sehinggadapat disimpulkan seluruh data varians hasil penelitian homogen.Dengan hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkanbahwa terdapat Perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipenumbered head together (NHT) dan Ekspositori pada mata pelajaran dasar elektronika siswa kelas xteknik audio video di smk negeri 1 pangkatan tahun ajaran 2012/ 2013. Hal ini terlihat dari nilai thitung =3,188 yang lebih besar dari ttabel yaitu 1,998
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.381 071 9 Jam p |
Keywords: | Pengukuran;Komponen; Elektronik; Model Pembelajaran;Kooperatif;Ekspoitori |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 18 Jul 2019 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18973 |