Arsyad, Ardi (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP PRESTASI BEAJAR SISWA MATA PELAJARAN SISTEM PENGENDALI ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 2 KARANG BARU KUALA SIMPANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5114131001. COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. 514131001 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
3. NIM. 5114131001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
4. NIM. 5114131001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
5. NIM. 5114131001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. NIM. 5114131001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. NIM. 5114131001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
10. NIM. 5114131001 BAB I.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
14. NIM. 5114131001 BAB V .pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 5114131001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar mengoperasikan sistem pengendali elektronik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran generatif pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Karang Baru Kuala Simpang Tahun Ajaran 2013/2014.Populasi dari penelitian seluruh siswa kelas XI TITL SMK Negeri 2 Karang Baru Kuala Simpang yang terdiri dari 2 kelas paralel. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI TITL-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TITL-2 sebagai kelas kontrol dengan sampel dari masing–masing kelas berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berbentuk multiple choice berjumlah 10 soal. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 27,19 dengan standar deviasi 13,01 dan nilai rata-rata kelas kontrol 31,25 dengan standar deviasi 16,01. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung= 0,122 dan Ltabel= 0,153, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,145 dan Ltabel= 0,153, sehingga diperoleh Lhitung< Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung= 1,52 dan Ftabel=1,79 sehingga Fhitung< Ftabel, maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Tahap selanjutnya kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran generatif dan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini dilakukan selama 3 pertemuan.Hasil penelitan didapatkan , SD kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol didapatkan , SD . Berdasarkan analisis uji-t dua pihak pada postes diperoleh thitung= 2,717 dan ttabel= 1,666 sehingga thitung> ttabel, oleh karena itu Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran generatif dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran menggunakan model generatif terhadap hasil belajar siswa pada materi membalik arah putaran motor DC menggunakan transistor di kelas XI
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.381 071 9 Ars p |
Keywords: | Pengertian Belajar;Hasil Belajar; Strategi Pembelajaran; Model Pembelajaran;Langsung;Experiment |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK301 Electric meters |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 18 Jul 2019 02:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18972 |