Zendrato, Sozawato (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR MENERAPKAN DASAR-DASAR KELISTRIKAN (MDDK) PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. BAB I.pdf - Published Version
Download (591kB) | Preview
12. BAB V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir dalam meningkatkan Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Kelistrikan pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Teknik Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan di semester ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014, yang terdiri dari 2 kelas. Subjek penelitian ini diambil dengan cara acak (Random Sampling) dan untuk kelompok perlakuan dipilih dengan cara mengundi yaitu kelompok perlakuan dengan strategi pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir sebanyak 30 orang dan kelompok perlakuan dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori sebanyak 30 orang. Data penelitian dikumpul dengan menggunakan tes hasil belajar Menerapkan Dasar-Dasar Kelistrikan, dianalisis dengan uji perbedaan dua rata-rata dengan uji z pihak kanan pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar Menerapkan Dasar-Dasar Kelistrikan yang diajar dengan strategi pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir adalah 21,19 dengan tingkat kecenderungan tinggi dan rata-rata hasil belajar Menerapkan Dasar-Dasar Kelistrikan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Ekspositori adalah 20,32 dengan tingkat kecenderungan tinggi. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar Menerapkan Dasar-Dasar Kelistrikan yang diajarkan dengan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir adalah berdistribusi normal dimana LTabel 0,1591 > LHitung 0,1169 dan data hasil belajar Menerapkan Dasar-Dasar Kelistrikan yang diajarkan dengan strategil pembelajaran Ekspositori adalah berdistribusi normal dimana LTabel 0,1591 > LHitung 0,0882 dan kedua varians data adalah Homogen karena FHitung 1,25 < FTabel 1,84. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir dan strategi pembelajaran Ekspositori memberi hasil yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar Menerapkan Dasar-Dasar Kelistrikan siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2013/2014 dimana zHitung 2,03> zTabel 1,64.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.307 19 Zen p |
Keywords: | Hasil Belajar MDDK; Strategi Pembelajaran;SPPKB; Langkah-Langkah SPPKB;strategi Pembelajaran Ekspositori |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics > QC501 Electricity T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4001 Applications of electric power |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 18 Jul 2019 02:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18971 |