Sitohang, Mei Dina (2015) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK MODEL ARTISTIK BERBASIS MANAJEMEN PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU BAHASA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI KOTA BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136132036 COVER TESIS.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM 8136132036 LEMBAR PENGESAHAN TESIS.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
3. NIM 8136132036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM 8136132036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM 8136132036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
6. NIM 8136132036 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
7. NIM 8136132036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
8. NIM 8136132036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
9. NIM 8136132036 BAB I.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
13. NIM 8136132036 BAB V.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
14. NIM 8136132036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi supervisi akademik model artistik berbasis manajemen pendidikan dapat meningkatkan kinerja guru bidang studi bahasa Indonesia pada SMP Negeri di Kota Binjai. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah. Tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru. Penelitian tindakan ini terdiri dari empat rangkaian kegiatan yaitu: (a) perencanaan, (b) tindakan, (c) pengamatan, (d) refleksi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 orang guru yang ditentukan dengan teknik purposive, yakni teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar IPKG 1, IPKG 2, dan evaluasi hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut: (1) Pada tahap pra siklus, 93,33 % guru memiliki skor kinerja dalam kategori kurang baik. (2) Pada tahap siklus I, 93,33 % guru memiliki skor kinerja dalam kategori cukup baik. (3) Pada tahap siklus II 80,00 % guru sudah memiliki skor kinerja dalam kategori baik. Hasil temuan penelitian ini menemukan bahwa implementasi supervisi akademik model artistik berbasis manajemen pendidikan dapat meningkatkan kinerja guru. Implikasi penelitian ini adalah apabila kita ingin meningkatkan kinerja guru Bahasa Indonesia, maka kita dapat menggunakan supervisi akademik model artistik berbasis manajemen pendidikan. Saran dari penelitian ini kepada Kepala Sekolah sebagai supervisor dalam pelaksanaan tugasnya sebaiknya menerapkan supervisi akademik model artistik berbasis manajemen pendidikan. Kepada Pengawas bidang studi Bahasa Indonesia sebaiknya menerapkan supervisi akademik model artistik berbasis manajemen pendidikan. Kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Binjai sebaiknya memberikan pendidikan dan pelatihan kepada Pengawas dan Kepala sekolah untuk memperluas wawasan tentang penerapan supervisi akademik model artistik berbasis manajemen pendidikan. Kepada Guru bidang studi Bahasa Indonesia agar selalu meningkatkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan sastra melalui pendidikan dan pelatihan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Sit i |
Keywords: | Kinerja guru; Supervisi akademik; Model artistik; MP |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 04:23 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1897 |