Simanjuntak, Novida (2014) PERBEDAAN STRATEGIPEMBELAJARANPROBLEM POSING TIPE PRE- SOLUTION DAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR MENGUASAIHASIL PENGUKURANSISWAKELAS X TEKNIK PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK, SMK NEGERI 2 SIATAS BARITA T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER NOVI.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
KATA PENGANTAR novi.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
PenelitianinibertujuanuntukmengetahuitingkatPerbedaanHasilBelajarMenguasai Hasil PengukuranAntaraSiswa Yang DiajarkanDenganstrategi pembelajaran problem posing tipe pre solution posingDenganSiswa Yang DiajarkanDenganstrategiPembelajaranEkspositoripadaSiswaKelas X Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik, SMK Negeri 2 Siatas Barita T.A 2013/2014Metode yang digunakandalampenelitianiniadalaheksperimental, yang manadalampelaksanaannyasengajadiberikanperlakuan (treatment) kepadakelompokeksperimen. PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXSMK Negeri 2 Siatas Barita yang mengikutikompetensiMenguasai Hasil Pengukuran yang terdiridari 2 kelas. Sampeldalampenelitianinidiambilseluruhsampelatausecara total sampling, yaitukelaseksperimen (kelas yang menerapkanstrategi pembelajaran problem posing tipe pre solution posing adalahkelas X TPL-1 yang berjumlah 30siswasertakelas X TPL-2menjadikelaskontrol (kelas yang menerapkanmodelpembelajaranEkspositori) yang berjumlah 30siswa. Jadi total subjek yang akanditelitiadalahsebanyak 60siswa.Berdasarkanhasilanalisis data diperolehterdapatperbedaanhasilbelajarMenguasai Hasil PengukuranantarastrategiPembelajaranproblem Posing tipe pre solution posingdenganstrategipembelajaranekspositori, dimanahasilbelajar Menguasai hasil pengukuranuntukkelas yang menerapkanstrategiPembelajaranproblem Posing tipe pre solution posinglebihtinggidarihasilbelajar Menguasai hasil pengukuranuntukkelas yang menerapkanpembelajaranEkspositori. Nilai rata-rata padakelompokeksperimensebesar24,93dan rata-rata padakelaskelompokekspositorisebesar23,20. Untukmengujinormalitas data digunakanuji lillieforspadatarafkepercayaan (α) sebesar 0,05. UjinormalitasinstrumenMenguasai Hasil PengukurandenganstrategiPembelajaranproblem Posing tipe pre solution posingdiperolehThitungsebesar0,1078danTtabelsebesar0,1610karenaThitung<Ttabelatau0,1078<0,1610, makadata instrumen pada kelas eksperimen padakategori normal, ujinormalitas instrument Menguasa hasil pengukurandenganstategipembelajaranekspositoridiperolehThitungsebesar0,1065danTtabel = 0,1610karenaThitung<Ttabelatau0,1065< 0,1610, makadata instrumen pada kelas kontrol padakategori normal. Ujihomogenitas instrument hasilbelajarmenguasai hasil pengukurandiperolehXhitungsebesar0,575danXtabel3,84karenaXhitung<Xtabelatau0,575<3,84makaseluruhvariansadalahhomogen, sehinggadapatdisimpulkanseluruh data varianshasilpenelitianhomogen. Denganhasilanalisisujibeda yang memakaiUji-t dengantarafsignifikansi 5% menunjukkanbahwaterdapatPerbedaanAntarastrategiPembelajaranproblem Posing tipe pre solution posingDenganPembelajaranEkspositoriTerhadapHasilBelajar Menguasai hasil pengukuran PadaSiswaKelas X SMK Negeri 2 Siatas baritaTahunPelajaran 2013/2014. Hal initerlihatdarinilaithitung =2,49yang lebihbesardarittabelyaitu1,674.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.373 071 9 Sim p |
Keywords: | Hasil Belajar; Strategi Pembelajaran; Problem Posing; Pembelajaran Ekspotori; Pemanfaatan Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4001 Applications of electric power |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 18 Jul 2019 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18969 |