PERBEDAAN STRATEGIPEMBELAJARANPROBLEM POSING TIPE PRE- SOLUTION DAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR MENGUASAIHASIL PENGUKURANSISWAKELAS X TEKNIK PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK, SMK NEGERI 2 SIATAS BARITA T.A 2013/2014

Simanjuntak, Novida (2014) PERBEDAAN STRATEGIPEMBELAJARANPROBLEM POSING TIPE PRE- SOLUTION DAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR MENGUASAIHASIL PENGUKURANSISWAKELAS X TEKNIK PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK, SMK NEGERI 2 SIATAS BARITA T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of COVER NOVI.pdf]
Preview
Text
COVER NOVI.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (545kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR novi.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR novi.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview

Abstract

PenelitianinibertujuanuntukmengetahuitingkatPerbedaanHasilBelajarMenguasai Hasil PengukuranAntaraSiswa Yang DiajarkanDenganstrategi pembelajaran problem posing tipe pre solution posingDenganSiswa Yang DiajarkanDenganstrategiPembelajaranEkspositoripadaSiswaKelas X Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik, SMK Negeri 2 Siatas Barita T.A 2013/2014Metode yang digunakandalampenelitianiniadalaheksperimental, yang manadalampelaksanaannyasengajadiberikanperlakuan (treatment) kepadakelompokeksperimen. PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXSMK Negeri 2 Siatas Barita yang mengikutikompetensiMenguasai Hasil Pengukuran yang terdiridari 2 kelas. Sampeldalampenelitianinidiambilseluruhsampelatausecara total sampling, yaitukelaseksperimen (kelas yang menerapkanstrategi pembelajaran problem posing tipe pre solution posing adalahkelas X TPL-1 yang berjumlah 30siswasertakelas X TPL-2menjadikelaskontrol (kelas yang menerapkanmodelpembelajaranEkspositori) yang berjumlah 30siswa. Jadi total subjek yang akanditelitiadalahsebanyak 60siswa.Berdasarkanhasilanalisis data diperolehterdapatperbedaanhasilbelajarMenguasai Hasil PengukuranantarastrategiPembelajaranproblem Posing tipe pre solution posingdenganstrategipembelajaranekspositori, dimanahasilbelajar Menguasai hasil pengukuranuntukkelas yang menerapkanstrategiPembelajaranproblem Posing tipe pre solution posinglebihtinggidarihasilbelajar Menguasai hasil pengukuranuntukkelas yang menerapkanpembelajaranEkspositori. Nilai rata-rata padakelompokeksperimensebesar24,93dan rata-rata padakelaskelompokekspositorisebesar23,20. Untukmengujinormalitas data digunakanuji lillieforspadatarafkepercayaan (&#945;) sebesar 0,05. UjinormalitasinstrumenMenguasai Hasil PengukurandenganstrategiPembelajaranproblem Posing tipe pre solution posingdiperolehThitungsebesar0,1078danTtabelsebesar0,1610karenaThitung<Ttabelatau0,1078<0,1610, makadata instrumen pada kelas eksperimen padakategori normal, ujinormalitas instrument Menguasa hasil pengukurandenganstategipembelajaranekspositoridiperolehThitungsebesar0,1065danTtabel = 0,1610karenaThitung<Ttabelatau0,1065< 0,1610, makadata instrumen pada kelas kontrol padakategori normal. Ujihomogenitas instrument hasilbelajarmenguasai hasil pengukurandiperolehXhitungsebesar0,575danXtabel3,84karenaXhitung<Xtabelatau0,575<3,84makaseluruhvariansadalahhomogen, sehinggadapatdisimpulkanseluruh data varianshasilpenelitianhomogen. Denganhasilanalisisujibeda yang memakaiUji-t dengantarafsignifikansi 5% menunjukkanbahwaterdapatPerbedaanAntarastrategiPembelajaranproblem Posing tipe pre solution posingDenganPembelajaranEkspositoriTerhadapHasilBelajar Menguasai hasil pengukuran PadaSiswaKelas X SMK Negeri 2 Siatas baritaTahunPelajaran 2013/2014. Hal initerlihatdarinilaithitung =2,49yang lebihbesardarittabelyaitu1,674.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 621.373 071 9 Sim p
Keywords: Hasil Belajar; Strategi Pembelajaran; Problem Posing; Pembelajaran Ekspotori; Pemanfaatan Listrik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4001 Applications of electric power
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 18 Jul 2019 02:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18969

Actions (login required)

View Item
View Item