Makmur, Makmur (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MENGUASAI ALAT UKUR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 5 MEDAN�. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (523kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Menguasai Alat Ukur Listrik dan Elektronika pada pokok bahasan Mengasai Macam-Macam Alat Ukur Listrik yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD siswa kelas X Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 5 (lima) Medan tahun ajaran 2013/2014.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X bidang keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 5 (lima) Medan tahun ajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 68 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara teknik random, dimana yang terpilih sebagai kelas eksperimen (kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD) adalah kelas X TPTL 1 yang berjumlah 35 siswa, sedangkan yang terpilih sebagai kelas kontrol (kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Konvensional) adalah kelas X TPTL 2 yang juga berjumlah 33 siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes . Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas test, indeks kesukaran soal, reliabilitas test, pengolahan data, dan teknik analisis data. Penelitian ini dilakukan selama 3 pertemuan. Hasil belajar siswa pada pokok bahasan Menguasai Macam-Macam Alat Ukur Listrik yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD memiliki skor rata-rata 24.4 sedangkan dengan menggunakan Model Konvensional memiliki skor rata-rata 20,8. Secara statistik dengan menggunakan uji-t disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Konvensional pada mata pelajaran Menguasai Alat Ukur Listrik dan Elektronika di kelas X SMK Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2013/2014, hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung > ttabel yaitu 4.438 > 1,773
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.373 o71 9 Mak p |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran;Kooperaive;STAD;Konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK301 Electric meters |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 08:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18967 |