Hutapea, Lodien (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRIDAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEMASANG INSTALASI PENERANGANLISTRIK BANGUNAN SEDERHANA SISWA KELAS X TITL SMK NEGERI 2 SIATAS BARITA. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (855kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajarandan motivasi belajar terhadap hasil belajar Memasang Instalasi Penerangan ListrikBangunan Sederhana. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian iniadalah metode eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbedapada kedua kelompok penelitian. Sedangkan rancangan penelitian yang digunakanyaitu analisis varians faktorial 2 x 2.Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Siatas Barita pada semester duatahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas X ProgramKeahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik yang terbagi atas dua kelas. Secara acakkelas dibagi atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas X TITL 1 menjadikelas eksperimen yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri dan kelas XTITL 2 menjadi kelas kontrol yang diajar dengan strategi pembelajarankonvensional.Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasilbelajar memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana yang diajardengan strategi pembelajaran inkuiri adalah berdistribusi normal dimana Ltabel =0,161 > Lhitung = 0,099356 dan data hasil belajar memasang instalasi peneranganlistrik bangunan sederhana yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensionaladalah distribusi normal dimana Ltabel = 0,19 > Lhitung = 0,0946 dan data hasilbelajar memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana yang memilikimotivasi belajar tinggi adalah distribusi normal dimana Ltabel = 0,173 > Lhitung =0,017 dan data hasil belajar memasang instalasi penerangan listrik bangunansederhana yang memiliki motivasi belajar rendah adalah distribusi normal dimanaLtabel = 0,173 > Lhitung = 0,096391 dan varians data adalah Homogen. Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa (a) Strategi pembelajaran inkuiri dan strategipembelajaran konvensional memberi pengaruh yang berbeda secara signifikanterhadap hasil belajar siswa, dimana (Fhitung = 30,10698746 > Ftabel = 4,06) (b)Tinggi rendahnya motivasi belajar memberi pengaruh yang berbeda secarasignifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana (Fhitung = 21,23061334 > Ftabel =4,06), (c) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi belajardalam mempengaruhi hasil belajar, dimana (Fhitung = - 6,483889 < Ftabel = 4,06
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.314 071 9 Hut p |
Keywords: | Hasil Belajar;Memasang Instalasi;Penerangan Listrik;Bangunan sederhana;Strategi Pembelajaran;Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2896 Production of electricity by direct energy conversion |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18966 |