Bakry, Lahmuddin (2014) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA INSTALASI MOTOR LISTRIK DIKELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 3 PANYABUNGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
SURAT PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (788kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujauan untuk mengetahui Apakah media pembelajaran menggunakan software Elektrik Kumanda Teknikleri Dersi Simulatoru (EKTS) lebih efektif daripada media pembelajaran mengunakan powerpoint.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental, yang manadalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswsa kelas XI TITL SMK N 1 lubuk pakam, berjumlah 2 kelas, kelas TIPTL 1 Berjumlah 24 orang dan kelas TIPTL 2 berjumlah 22 orang. Karena tidak ada kelas unggulan pengambilan sampel menggunakan teknik Vrovosive random sampling (Populasi Homogent). Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas, yaitu kelas eksperimen (kelas yang menggunakan media EKTS) adalah kelas XI TIPTL 1 yang berjumlah 24 siswa dan kelas kontrolnya (kelas yang menggunakan Powerpoint) adalah kelas XI TITL 2 yang berjumlah 22 siswa, dan total subjek yang akan diteliti sebanyak 46 siswa.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh perbedaan hasil belajar Instalasi Motor Listrik. Nilai rata-rata post test siswa pada Kelas eksperimen sebesar 27,00 dan kelas control sebesar 15,00. Untuk menguji normalitas data digunakan ujililiefors pada taraf dan taraf nyata (α) sebesar 0,05. Uji normalitas pada Kelas eksperimen diperoleh Lhitung sebesar 0,000267 dan Ltabel sebesar 1,71 karena Lhitung<Ltabel atau 0,000267 < 1,71 maka data instrument pada kelas eksperimen pada kategori normal, dan Uji normalitas pada Kelas control diperoleh Lhitung sebesar -0,15 dan Ltabel sebesar 1.71 maka data instrument pada kelas control pada kategori normal. Uji Homogenitas Fh (Varian Kelas Kontrol/Kelas Eksperimen ) sebesar 1,65 dan Ftsebesar 2,08, karena Fhitung<Ftabel 1,65 < 2,08 maka seluruh varian homogen. Dengan pengujian hipotesis menggunkan uji-t dengan taraf menunjukan bahwa terdapat perbandingan hasil pembelajaran pada siswa yang diajar menggunakan EKTS dengan Powerpoint dilihat dari thitung 21,05 yang lebih besar dari ttabel 1,87, sehingga dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.460 719 Bak p |
Keywords: | Hasil Belajar;Media Pembelajarn; Elektrik;Petunjuik Tampilan;Pengentadali Kotar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18965 |