Purba, Geri Suandri (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARANCONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASILBELAJAR INSTALASI LISTRIK PERUMAHAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS II PROGRAMKEAHLIAN TEKNIK INSTALSI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 MERDEKA BERASTAGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 509331017 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM. 509331017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
3. NIM. 509331017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4. NIM. 509331017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM. 509331017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 509331017 TABLES.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. NIM. 509331017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
12. NIM. 509331017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
7. NIM. 509331017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Belajar InstalasiListrik Perumahan Sederhana yang diajar dengan menggunakan strategipembelajaran kontekstual dan yang diajar dengan menggunakan strategipembelajaran konvensional. Dan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajarserta interaksinya pada strategi pembelajaran pada siswa Smk Negeri 1 MerdekaBerastagi Ajaran 2013/2014.Metode Penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental yangmana dalam pelaksanaan diadakan perlakuan kepada kelompok-kelompokeksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas Smk Negeri 1Merdeka Berastagi yang mengikuti sub kompetensi Menerapkan Belajar InstalasiListrik Perumahan Sederhana yang terdiri dari 2 kelas, satu kelas, diajar denganpembelajaran menggunakan strategi pembelajaran Kontekstual (kelas eksperimen)dan satu kelas lagi diajar dengan menggunakan strategi pembelajaranKonvensional (kelas kontrol). Jumlah sampel tiap kelas sebanyak 24 dan 24orang, jadi jumlah sampel seluruhnya sebanyak 48 orang.Perlakuan dilakukan slama 2 minggu atau sebanyak 2 kali pertemuan tatapmuka untuk masing-masing kelas. Kelas Eksperimen diajar oleh penelitisedangkan kelas kontrol juga diajar oleh peneliti. Perlakukan yang diberikanberdasarkan pada Rencana Pelaksaan Pembelajaran yang telah disiapkan olehpeneliti. Pada akhir pertemuan, kedua kelas penelitian diberi Posttes untuk melihathasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tes inilah dapat diketahui sejauh manapengaruh yang terjadi pada siswa.Dari hasil analisis data dengan menggunakan Anava faktorial 2x2 dengantingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa hasil belajarsiswa yang diajar strategi Pembelajaran Kontekstual lebih baik dari hasil belajarsiswa yang diajar menggunakan strategi Pembelajaran Konvensional, dimanaFhitung > Ftabel, yaitu 5,302 > 4,06 Hasil belajar siswa yang memiliki motivasibelajar tinggi lebih baik dari hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajarrendah, dimana Fhitung > Ftabel, yaitu 12,195 > 4,06. Dan terdapat interaksi antarapembelajaran menggunakan strategi Kontekstual dan pembelajaran menggunakanstrategi Konvensional dengan tingkat Motivasi Belajar terhadap hasil BelajarInstalasi Listrik Perumahan Sederhana pada siswa kelas Smk Negeri 1 MerdekaBerastagi , dimana Fhitung > Ftabel yaitu 44,285 > 4,06.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 521.314 071 09 Pur p |
Keywords: | Hasil Belajar;Instalasi Listrik;Perumahan Sederhana;Strategi Konstektual;Strategi Konversional;Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 07:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18962 |