Saleh, Amir (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS ADOBE FLASH CS3 TERHADAP HASIL BELAJAR MEMASANG INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS XI TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK YPT. PANGKALAN BERANDAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
01_Caver.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
02_Pernyataan dll.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
03_Abstrak.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
04_Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
05_Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
06_Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
07_Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
09_BAB I.pdf - Published Version
Download (646kB) | Preview
13_BAB V.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
14_Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran animasi berbasis Adobe Flash CS3 terhadap hasil belajar memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana pada siswa kelas XI teknik instalasi tenaga listrik SMK YPT. Pangkalan Berandan T.A. 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester ganjil SMK YPT. Pangkalan Berandan Tahun Ajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 2 kelas, yaitu kelas XI TITL 1 sebagai kelas control dan kelas XI TITL 2 sebagai kelas eksperimen, yang masing-masing kelas berjumlah 30 orang siswa. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 30 butir. Hasil pengujian pretest sebelum diberi perlakuan yang berbeda, yaitu skor rata-rata di kelas eksperimen (44,67) dengan standar deviasi 11,96 dan skor rata-rata di kelas control (46,67) dengan standar deviasi 8,84. Pada pengujian data pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen yang berarti memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen diajarkan dengan pembelajaran menggunakan media animasi berbasis Adobe Flash CS3 dan kelas control diajar dengan pembelajaran menggunakan media gambar. Setelah pembelajaran selesai diberikan posttest, diperoleh nilai posttest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen (89,67) dengan standar deviasi 4,23 dan kelas control (81,22) dengan standar deviasi 4,75.Dari hasil pengolahan data posttest diperoleh bahwa thitung = 7,27 dan ttabel = 1,67. Sehingga thitung > ttabel (7,27 > 1,67). Maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Animasi Berbasis Adobe Flash CS3 memberikan peningkatan hasil belajar pada pelajaran instalasi penerangan listrik bangunan sederhana yang lebih tinggi daripada pembelajaran menggunakan media gambar pada siswa kelas XI TITL SMK YPT. Pangkalan Berandan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.314 071 9 Sal p |
Keywords: | Pembelajran;Hasil Belajar;Media;Media Pembelajaran Animasi;Adobe Flash CS3;Media Gambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 02:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18955 |