Arief, Al (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MENGUASAI TEORI DASAR ELEKTRONIKA (MTDE) PADA SISWA KELAS X BIDANG KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ) DI SMK SWASTA SATRIA BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 508331006 JUDUL .pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM 508331006 LEMBER PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
3. NIM 508331006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
4. NIM 508331006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5. NIM 508331006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
6. NIM 508331006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM 508331006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
10. NIM 508331006 BAB I.doc - Published Version
Download (49kB)
14. NIM 508331006 BAB V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
9. NIM 508331006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar Menguasai Teori Dasar Elektronika (MTDE) siswa kelas X SMK SWASTA SATRIA BINJAI Tahun Ajaran 2012/2013. Sample penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X bidang keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK SWASTA SATRIA BINJAI. Dan pemilihan kelas digunakan secara acak atau diundi dan didapat kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 28 orang dan kelas X TKJ 2 sebagai kelas control dengan jumlah siswa 32 orang.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test objektif dan tes kemampuan psikomotorik. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Uji normalitas pre test Menguasai Teori Dasar Elektronika dengan strategi pembelajaran problem based learning diperoleh Lhitung (0,0826) < Ltabel(0,1658) pada kategori normal, uji normalitas pre test Menguasai Teori Dasar Elektronika dengan strategi pembelajaran konvensional diperoleh Lhitung(0,0993) < Ltabel(0,1566) pada ketegori normal. Uji normalitas post test Menguasai Teori Dasar Elektronika dengan strategi pembelajaran problem based learning diperoleh Lhitung (0,0800) < Ltabel(0,1658) pada kategori normal, uji normalitas pre test Menguasai Teori Dasar Elektronika dengan strategi pembelajaran konvensional diperoleh Lhitung(0,1204) < Ltabel(0,1566) pada ketegori normal. Uji homogenitas pre test hasil belajar Menguasai Teori Dasar Elektronika diperoleh Fhitung(1,441) < Ftabel(1,876) dan uji homogenitas post test hasil belajar Menguasai Teori Dasar Elektronika diperoleh Fhitung(1,003) < Ftabel(1,876) dimana seluruh varians adalah homogen. Sehingga dapat disimpulkan seluruh data varians hasil penelitian homogen.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar Menguasai Teori Dasar Elektronika (MTDE) siswa kelas X SMK Swasta Satria Binjai Tahun Ajaran 2012/2013 yang diajar dengan strategi pembelajaran problem based learning lebih baik dari hasil belajar yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan cara uji t satu pihak yaitu pihak kanan. Dimana hasil t’= 3,509 dan =1,699. Oleh karena itu, perlu dilakukan sosialisasi penerapan strategi pembelajaran problem based learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.071 Ala p |
Keywords: | Strategi Pembelajaran; Hasil Belajar; Jaringan Komputer; Siswa; Guru |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics > TK7885 Computer engineering. Computer hardware TK8300-8360 Photoelectronic devices (General) |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 16 Jul 2019 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18925 |