Manurung, Julkifli (2013) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL DAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL ELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA KATOLIK MARIANA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
abstak.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar elektronika siswa yang diajar dengan menggunakan media audio visual berbasis powerpoint lebih tinggi dari hasil belajar elektronika siswa yang diajar dengan menggunakan media visual berbasis powerpoint.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Swasta Katolik Mariana Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Katolik Mariana Medan yang berjumlah 40 orang. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling, yaitu mengambil keseluruhkan populasi sebagai sampel penelitian. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara acak, dimana kelas kontrol (kelas yang menggunakan media visual) adalah kelas X-A dan kelas eksperimen (kelas yang menggunakan media audio visual) adalah kelas X-B. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 22,85 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 20,85. Untuk menguji normalitas data digunakan Uji Liliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Pada pembelajaran yang menggunakan media audio visual diperoleh Lhitung = 0,0631 dan Ltabel sebesar = 0,1900. Karena Lhitung (0,0631) < Ltabel (0,1900) maka dapat disimpulkan bahwa data pada kelas eksperimen berdistribusi normal. Pada pembelajaran yang menggunakan media visual diperoleh Lhitung = 0,0116 dan Ltabel sebesar = 0,1900. Karena Lhitung (0,0116) < Ltabel (0,1900) maka dapat disimpulkan bahwa data pada kelas kontrol berdistribusi normal. Untuk menguji homogenitas kedua kelas digunakan uji Barlett taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05 diperoleh Fhitung = 1,4667 dan Ftabel = 2,0847. Karena Fhitung (1,4667) < Ftabel (2,0847) maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelas homogen.Dengan menggunakan uji-t satu pihak pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05 untuk menguji hipotesis penelitian diperoleh thitung = 1,7228 dan ttabel = 1,684. Karena thitung (1,7228) > ttabel (1,684) maka dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar elektronika siswa yang diajar dengan menggunakan media audio visual lebih tinggi dari hasil belajar elektronika siswa yang diajar dengan menggunakan media visual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.381 071 9 Man p |
Keywords: | Belajar; Media Pembelajaran; Media Pembelajaran Visual; Media Audiovisual; Microsoft Office Power Point; Elektronika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 10 May 2019 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18922 |