Siregar, Astony (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENERAPKAN DASAR-DASAR KELISTRIKAN PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA TEBING TINGGI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 0612552282 Cover.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
2. 0612552282 Pengesahan.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
3. 0612552282 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. 0612552282 Kata pengantar.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
5. 0612552282 Daftar isi.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
6. 0612552282 BAB I.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
10. 0612552282 BAB V.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
11. Daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajarandan motivasi belajar ter hadap hasil belajar menerapkan dasar – dasar kelistrikan.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompokpenelitian. Sedangkan rancangan penelitian yang digunakan yaitu analisis variansfaktorial 2 x 2.Penelitian ini dilakukan di SMK Taman Siswa Tebing Tinggi padasemester satu tahun ajaran 2012/2013. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas 1 Program Keahlian Audio Video yang terbagi atas dua kelas. Secara acak kelasdibagi atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas 1 TAV 1 menjadi kelas eksperimen yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual dan kelas 1TAV 2 menjadi kelas kontrol yang diajar dengan strategi pembelajarankonvensional.Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasilbelajar menerapkan dasar – dasar kelistrikan yang diajar dengan strategipembelajaran kontekstual dan memiliki motivasi belajar tinggi adalah berdistribusi normal dimana Ltabel = 0,234 > Lhitung = 0,094 dan data hasil belajarmenerapkan dasar – dasar kelistrikan yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual dan memiliki motivasi belajar rendah adalah distribusi normal dimana Ltabel = 0,249 > Lhitung = 0,1302 dan data hasil belajar menerapkan dasar –dasar kelistrikan yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional danmemiliki motivasi belajar tinggi adalah distribusi normal dimana Ltabel = 0,24 >Lhitung = 0,1286 dan data hasil belajar menerapkan dasar – dasar kelistrikan yangdiajar dengan strategi pembelajaran konvensional dan memiliki motivasi belajarrendah adalah distribusi normal dimana Ltabel = 0,242 > Lhitung = 0,1231 dankedua varians data adalah Homogen (  2hitung = 5,83 <  2tabel = 7,82).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) Strategi pembelajarankontekstual dan strategi pembelajaran konvensional memberi pengaruh yangberbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana (Fhitung = 5,02 >Ftabel = 4,030) (b) Tinggi rendahnya motivasi belajar memberi pengaruh yangberbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana (Fhitung = 26,70 >Ftabel = 4,03), (c) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar, dimana (Fhitung = 0,003 < Ftabel = 4,03).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.307 19 Sir p |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Motivasi belajar; Pembelajaran konvensional; Hasil belajar; Kelistrikan |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Pranandiah Popi Pitaloka |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 06:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18873 |