Sihite, Sebaya Kristina (2016) PENGARUH PENGGUNAAN METODE OBJEK LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS VII SMP MULIA PRATAMA MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2112111017 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 2112111017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (618kB) | Preview
3. NIM. 2112111017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
4. NIM. 2112111017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 2112111017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6. NIM. 2112111017 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 2112111017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 2112111017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
12. NIM. 2112111017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
13. NIM. 2112111017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode objek langsung dan metode ekspositori dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Mulia Pratama Medan dengan jumlah 120 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa dengan menggunakan teknik purposive. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan desain Two-group Post-test Only Design. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan tes “t” dengan rumus M_(X1-M_X2 )/〖SE〗_(MX1-MX2)
Dari pengolahan data diperoleh hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun nilai rata-rata kelas eksperimen dengan Metode Objek Langsung = 77,17, standar deviasi = 7,15, dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 8 siswa atau 26,7%, kategori baik sebanyak 13 siswa atau 43,3%, kategori cukup sebanyak 9 siswa atau 30%. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol dengan Metode Ekspositori = 68,83, standar deviasi = 6,67, dan termasuk kategori baik sebanyak 9 siswa atau 30%, kategori cukup sebanyak 16 siswa atau 53,3%, kategori kurang sebanyak 5 siswa atau 16,7%. Dari hasil uji data post-test diketahui keduanya berdistribusi normal. Dari uji homogenitas diperoleh bahwa bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh t0 sebesar 4,66, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf 5% maupun 1% dengan df = (N1+N2) – 2 = (30+30) – 2 = 58. Pada tabel t dengan taraf df = 58 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,00 dan taraf signifikan 1% = 2,65 karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,00 < 4,66 > 2,65, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti bahwa kemampuan menulis puisi dengan menggunakan metode objek langsung lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode ekspositori di SMP Mulia Pratama Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 002 |
Keywords: | Metode Objek Langsung; Metode Ekspositori; Kemampuan Menulis Puisi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 03:35 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1887 |