Pasaribu, Hendra PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR MENGGAMBAR KONSTRUKSI KUSEN PINTU DAN JENDELA (MKKPDJ) PADA KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM 2013/ 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
(1) 071255310008 cover.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
(2) 071255310008 surat pernyataan .pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
(3) 071255310008 lembar pengesahan .pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
(4) 071255310008 lembar persembahan.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
(5) 071255310008 abstrak.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
(6) 071255310008 kata pengantar .pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
(7) 071255310008 daftar isi.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
(8) 071255310008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
(9) 071255310008 BAB I.pdf - Published Version
Download (671kB) | Preview
(13) 071255310008 bab V .pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
(14) 071255310008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk menemukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar mata diklat Menggambar konstruksi kusen pintu dan jendela (MKKPDJ) Pada kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa, metode penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa pada saat penelitian dilaksanakan.Berdasarkan hasil evaluasi proses pembelajaran dan hasil belajar pada setiap pembelajaran serta kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, dapat dilihat adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap siklus dari siklus pertama, yaitu skor aktivitas siswa rata-rata 68,00% meningkat menjadi 83,00% pada siklus ke dua. Selanjutnya peningkatan hasil belajar siswa juga terjadi, dimana pada siklus pertama dengan rata-rata 76,39 meningkat menjadi 81,79 pada siklus kedua.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa dengan melakukan pembelajaran bermakna, yaitu penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Menggambar Konstruksi Kusen Pintu Dan Jendela (MKKPDJ) pada Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan (TGB) SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) sangat tepat digunakan dalam upaya peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar khususnya pada mata diklat MKKPDJ Jurusan Teknik Gambar Bangunan (TGB) SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, selain itu dapat menimbulkan suasana belajar yang menyenangkan, karena siswa aktif dan belajar untuk menemukan sendiri makna dari pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 604.207 19 Pas p |
Keywords: | Hasil belajar; MKKPDJ; Aktivitas belajar; Pembelajaran kontekstual; Pembelajaran CTL; Model pembelajaran |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Pranandiah Popi Pitaloka |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Oct 2016 07:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18865 |