Sitinjak, Rinto HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (751kB) | Preview
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. BAB V.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Motivasi Belajar danDisiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dasar Teknik Bangunan Pada SiswaKelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Stabat Tahun Pelajaran2012/2013 dengan jumlah responden 26 orang.Data penelitian variabel motivasi belajar (X1) dan disiplin belajar (X2) dijaring denganangket. Hasil belajar pengetahuan dasar teknik bangunan (Y) dijaring menggunakan tes.Berdasarkan uji coba instrumen didapat hasil : (1) variabel motivasi belajar (X1) 32valid, reabilitas sangat tinggi sebesar 0,851 pada taraf signifikansi 5%. (2) variabel disiplinbelajar (X2) 31 valid, reabilitas sangat tinggi sebesar 0,838 pada taraf signifikansi 5%. (3)variabel hasil belajar pengetahuan dasar teknik bangunan (Y) 39 soal yang valid, reliabilitassangat tinggi sebesar 0,935 pada taraf signifikansi 5%. Indeks kesukaran tes hasil belajarPDTB yaitu 36 soal kategori sedang dan 3 soal kategori mudah. Daya pembeda butir soalhasil belajar PDTB terdapat 1 kategori jelek, 8 soal kategori cukup, 29 kategori baik, dan 1kategori baik sekali.Uji normalitas dengan chi kuadrat masing-masing variabel penelitian didapat hasilsebagai berikut : (1) variabel motivasi belajar (X1) yaitu 2  hitung = 6,870 < 2  tabel = 11,070,berdistribusi normal pada taraf signifikansi 5%. (2) disiplin belajar (X2) yaitu 2  hitung = 7,290< 2  tabel = 11,070, berdistribusi normal pada taraf signifikansi 5%. (3) variabel hasil belajarpengetahuan dasar teknik bangunan (Y) yaitu 2  hitung = 8,518 < 2  tabel = 11,070,berdistribusi normal pada taraf signfikansi 5%.Hasil uji masing-masing variabel penelitian didapat hasil (1) persamaan regresisederhana Y atas X1 yaitu Ŷ = 9,066 + 0,185X1, uji coba kelinieran persamaan regresi Y atasX1 yaitu Fhitung = 1,337 < Ftabel = 3,365 mempunyai hubungan yang linier dan berarti padataraf signifikansi 5%. (2) persamaan regresi sederhana Y atas X2 yaitu Ŷ = 6,346 + 0,212X2,uji coba kelinieran persamaan regresi Y atas X2 yaitu Fhitung = 1,829 < Ftabel = 3,20mempunyai hubungan yang linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%.Hasil analisis korelasi antar variabel didapat hasil : (1) variabel motivasi belajar (X1)dengan hasil belajar pengetahuan dasar teknik bangunan (Y) yaitu rhitung = 0,466 > rtabel =0,388 menunjukkan korelasi positif dan berarti pada taraf signifikansi 5%. (2) disiplin belajar(X2) dengan hasil belajar pengetahuan dasar teknik bangunan (Y) yaitu rhitung = 0,477 > rtabel =0,388 menunjukkan korelasi positif dan berarti pada taraf signifikansi 5%.Korelasi ganda antara X1 dan X2 terhadap Y menunjukkan korelasi yang positif danberarti dengan r = 0,525 dan R2 = 0,267 yang berarti 26,7% mata pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Bangunan dapat dijelaskan secara bersama-sama oleh motivasi belajar dan disiplin belajar dan sisanya dijelaskan oleh variabel lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 604.207 19 Sit h |
Keywords: | Hasil belajar; Teknik bangunan; Motivasi belajar; Disiplin belajar; Hakikat belajar; POTB |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Pranandiah Popi Pitaloka |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 11 Oct 2016 07:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18850 |