Lumbangaol, Angri Erlin (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK BANGUNAN (PDTB) PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BANGUNAN BATU DAN BETON. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 508311006 COVER.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
2. 508311006 SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
3. 508311006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
4. 508311006 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5. 508311006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. 508311006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
7. 508311006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
8. 508311006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
9. 508311006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
10. 508311006 BAB I.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
14. 508311006 BAB V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
15. 508311006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pengetahuan Dasar Teknik Bangunan pada siswa kelas X di SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Bangunan Batu dan Beton SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi Tahun Ajaran 2013/ 2014 dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang, metode penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa pada saat penelitian dilaksanakan.Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa yaitu siklus pertama skor aktivitas rata rata nilai 61,45 meningkat menjadi 81,93 pada siklus kedua. Selanjutnya peningkatan hasil belajar siswa juga terjadi pada siklus pertama dengan rata rata nilai 75,42 meningkat menjadi 84,84 pada siklus kedua.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan melakukan pembelajaran bermakna dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Bangunan (PDTB) pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Bangunan Batu dan Beton SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi. Selain itu dapat menimbulkan suasana belajar yang menyenangkan karena siswa aktif dan belajar untuk menemukan sendiri makna dari pembelajarannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 624 180 719 /Lum/p |
Keywords: | Aktivitas belajar siswa ; Stad ; Teknik bangunan ; Pengetahuan besar ; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > TH Building construction |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 24 Jul 2019 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18847 |