Nainggolan, Hotnauli (2015) IMPLEMENTASI SUPERVISI MODEL KLINIS DIREKTIF BERBASIS MANAJEMEN PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136131004 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 8136131004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
3. NIM. 8136131004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
4. NIM. 8136131004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
5. NIM. 8136131004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
6. NIM. 8136131004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM. 8136131004 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8136131004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
9. NIM. 8136131004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
13. NIM. 8136131004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
14. NIM. 8136131004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Supervisi Model Klinis Direktif Berbasis Manajemen Pendidikan dapat Meningkatkan Kinerja Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri Kota Medan. Penelitian ini berlangsung dari bulan Maret sampai dengan bulan Mei 2015.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah dengan analisis deskriptif. Penentuan sampel dengan cara purposive sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian 15 guru. Teknik pengumpulan data dengan menerapkan supervisi model klinis model direktif berbasis manajemen pendidikan dengan 3 tahap, yaitu tahap pra siklus, siklus I, dan siklus II dengan menggunakan lembar instrumen penilaian kinerja guru terhadap guru-guru oleh pengawas, kepala sekolah dan peneliti.
Hasil penelitian diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut: (1) pada tahap Prasiklus, skor rata-rata nilai kinerja guru 28.27 yakni sebesar 50.48 %. (2) pada tahap Siklus I, skor rata-rata nilai kinerja guru 39.42 yakni sebesar 70.40 %. (3) pada tahap Siklus II, skor nilai rata-rata kinerja guru 49.36 yakni 88.13 %, dimana pada tahap siklus II (rencana – tindakan – observasi - refleksi) disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam menyusun RPP tergolong tinggi, memilih metode yang tepat, dan melengkapi instrument, hasil penilaian tersebut memberikan umpan balik terhadap guru. Tahap refleksi disimpulkan bahwa siklus II sudah tuntas dengan nilai ketuntasan ≥ 80 %.
Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa Implementasi Supervisi Model Klinis Direktif Berbasis Manajemen Pendidikan dapat Meningkatkan Kinerja Guru. Untuk itu disarankan Supervisi Model Klinis Direktif Berbasis Manajemen Pendidikan agar diterapkan untuk meningkatkan kinerja guru yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Nai i |
Keywords: | Hakikat kinerja guru; Manajemen pendidikan; Supervisi model klinis direktif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 03:26 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1883 |