Harsono, Fachri Mizan (2013) HUBUNGAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGUKUR DENGAN ALAT UKUR MEKANIK PRESISI (MDAUMP) PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 2 KISARAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
Nim 081255110003 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Nim 081255110003 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
Nim 081255110003 A B S T R A K.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
Nim 081255110003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Nim 081255110003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Nim 081255110003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Nim 081255110003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Nim 081255110003 BAB I.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
Nim 081255110003 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Nim 081255110003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar hubungan antara Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Mengukur Dengan Alat Ukur Mekanik Presisi (MDAUMP) dari siswa kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Kisaran, dan untuk mengetahui hubungan antara Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mengukur Dengan Alat Ukur Mekanik Presisi (MDAUMP). Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif korelasional, yaitu bertujuan untuk memperoleh informasi tentang suatu gejala pada saat penelitian dilakukan.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Pemesisnan SMK Negeri 2 Kisaran Tahun Ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 2 kelas, dengan jumlah 62 orang. Sampel penelitian sebanyak 60 orang. Yang ditentukan dengan Nomogram Harry King. Jumlah instrument Minat Belajar dan Motivasi, terdapat 30 item yang dinyatakan valid dengan reliabilitas 0,901 tergolong sangat tinggi pada Minat Belajar dan 0,891 tergolong sangat tinggi pada Motivasi Belajar. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakn angket tertutup berskala Likert untuk variabel Minat Belajar dan Hasil Belajar, dan data dokumentasi untuk Hasil Belajar Mengukur Dengan Alat Ukur Mekanik Presisi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment, analisis korelasi parsial dan analisis korelasi ganda yang kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis pada taraf signifikansi α = 5%. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Minat Belajar dan Hasil Belajar MDAUMP (rhitung = 0,296) dan terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Motivasi Belajar dan Hasil Belajar MDAUMP (rhitung = 0,309). Hasil analisis yang menunjukkan bahwa koefisien determinasi antara Minat Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar MDAUMP sebesar R2y.1.2 = 0,376. Ringgkasan hasil analisis regresi tersebut adalah sebagai berikut : Fh = 4,702, harga Ft = 3,16 pada taraf signifikansi 5%, sehingga Fh > Ft (4,702 > 3,16). Bahwa persamaan regresi Ŷ = 55,081 + 0,152X1 + 0,145X2 dapat dipertanggungjawabkan untuk menarik kesimpulan mengenai hubungan anatara Minat Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar MDAUMP
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.807 19 Har h |
Keywords: | Minat Belajar; Motivasi Belajar; Hasil Belajar; Alat Ukur Mekanik Presisi |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ181 Mechanical movements |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Feb 2017 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18819 |