Harzangi, Denu (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJARMEMELIHARA SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN ANTARA PENDEKATANKONVENSIONAL DENGAN PENDEKATAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING)PADA SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAANRINGAN SMK-TR PANCA BUDI 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
071255110035 Cover.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
071255110035 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
071255110035 Abstrak.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
071255110035 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
071255110035 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
071255110035 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
071255110035 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
071255110035 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
071255110035 Bab I.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
071255110035 Bab V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
071255110035 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui hasil belajar memeliharasistem bahan bakar bensin yang diajarkan menggunakan pendekatan pengajarankonvensional pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK-TR PancaBudi 1 Medan. 2) Untuk mengetahui hasil belajar memelihara sistem bahanbakar bensin yang diajarkan menggunakan pendekatan pengajaran terbalik(reciprocal teaching) pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMKTRPanca Budi 1 Medan. 3) Untuk mengetahui Perbedaan hasil belajarmemelihara sistem bahan bakar bensin antara pendekatan konvensional denganpendekatan terbalik (Reciprocal Teaching) pada siswa kelas XI TeknikKendaraan Ringan di SMK-TR Panca Budi 1 MedanPopulasi terdiri dari empat kelas dengan jumlah siswa sebanyak 140,penarikan sampel dilakukan dengan cara random sampling adalah terdiri dari 2kelas yaitu kelas ekperimen adalah kelas XI TKR1 dan yang menjadi kelaskontrol adalah kelas XI TKR2. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkandata adalah tes hasil belajar siswa yang terdiri dari 30 butir soal. Sebelumdilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu ujinormalitas dengan uji Liliefors Kuadrat dan uji Homogenitas dengan uji Barlette.Metode penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Teknikanalisis data pengujian hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikansi α =0,05. Hasil analisis penelitian pada varriabel pendekatan terbalik menunjukkanuji-t thitung>tabel (33,85>1,70) dengan demikian pembelajaran denganmenggunakan Pendekatan Terbalik dapat meningkatkan hasil belajar, begitujuga Pembelajaran Konvensional diperoleh thitung>tabel (28,352>1,70) dengandemikian dapat dinyatakan bahwa pendekatan pembelajaran konvensional dapatmeningkatkan hasil belajar siswa, serta berdasarkan hasil perhitungan antaraPendekatan Terbalik dengan Pendekatan Konvensional diperoleh perhitunganthitung < ttabel (4,208<1,67) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa PendekatanTerbalik memberikan pengaruh yang lebih baik daripada pendekatanKonvensional terhadap peningkatan hasil belajar memelihara sistem bahan bakarbensin siswa kelas XI program keahlian teknik kendaraan ringan SMK-TRPanca Budi 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 629.046 071 Har p |
Keywords: | Belajar; Pelajaran MSB3; Konvensional; Pengajaran Terbalik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jan 2017 09:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18787 |