Wahyudi, Eka (2013) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MENGGUNAKAN HASIL PENGUKURAN MELALUI PENGGUNAAN SOFTWARE ELECTRONICS WORKBENCH (EWB) SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGALISTRIK SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P.2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
081255210003 Cover.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
081255210003 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
081255210003 Abstrak.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
081255210003 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
081255210003 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
081255210003 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
081255210003 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
081255210003 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
081255210003 Bab I.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
081255210003 Bab V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
081255210003 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajarkognitif Menggunakan Hasil Pengukuran (MHP) melalui penggunaan softwareElectronics Workbench (EWB) siswa kelas X Program Keahlian Teknik InstalasiTenaga Listrik SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan; dan mengetahui peningkatankeaktifan siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKNegeri 1 Percut Sei Tuan.Metode yang digunakan adalah metode Penelitan Tindakan Kelas (PTK).Penelitian Tindakan Kelas dilakukan pada siswa kelas X Program KeahlianTeknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Subjek penelitianadalah sampel dari siswa kelas X yaitu kelas X TITL-3 berjumlah 22 orang.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat peningkatan hasilbelajar siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan pada indikatorpembelajaran alat-alat pengukur besaran listrik yang dapat dilihat dari hasilbelajar ranah kognitif, yaitu ketuntasan belajar siswa pada tes kemampuan awal(pre tes) sebesar 27%, pasca siklus I sebesar 72,73%, dan pasca siklus II sebesar90,91%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan software ElectronicsWorkbench (EWB) pada kompetensi Menggunakan Hasil Pengukuran (MHP)terbukti dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 PercutSei Tuan pada indikator pembelajaran alat-alat pengukur besaran listrik. Hal ini terlihat pada ranah afektif, dari observasi pada pasca siklus I sebesar 86,36% dan pasca siklus II sebesar 91,36%. Adapun implikasi teoritis dari hasil penelitian ini adalah untuk menambah pengetahuan bagi pembaca tentang penggunaan software Electronics Workbench (EWB) dalam proses pembelajaran dan dapat sebagai salah satu sumber acuan bagi peneliti lain yang mengadakan penelitian lebih lanjut. Sedangkan implikasipraktis adalah sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar MenggunakanHasil Pengukuran (MHP) siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan,sehingga dapat meningkatkan aktivitas siswa yang berpengaruh pada peningkatanhasil belajar siswa baik dalam aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.382.071 |
Keywords: | Tujuan; Metode; Hasil; Implikasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jan 2017 06:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18771 |