Putra, Anggara (2013) HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DAN KETAHANAN STRESS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MEMASANG INSTALASI PENERANGAN BANGUNAN LISTRIK SEDERHANA SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK ELEKTRO PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 PERCUT. Undergraduate thesis, UNIMED.
061255220066 Judul.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
061255220066 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
061255220066 Abstrak.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
061255220066 Bab I.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
061255220066 Bab V.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
061255220066 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan linear positif dankeberartian Antara kemandirian Belajar Siswa Dan ketahanan stress BelajarDengan Hasil Belajar Memasang Instalasi penerangan bangunan Listrik sederhanaSiswa Kelas X Jurusan Teknik Elektro Program Keahlian teknik instalasi TenagaListrik SMK negeri 1 percut sei tuan dengan jumlah responden 25 orang.Data penelitian ini dijaring dengan menggunakan instrumen angket untukubahan kemandirian belajar siswa (X1) dan ketahanan stress belajar (X2) dandengan menggunakan instrumen tes untuk ubahan hasil belajar memasanginstalasi penerangan bangunan listrik sederhana (Y).Hasil uji normalitas data masing-masing variabel penelitian dapatdisimpulkan adalah berdistribusi normal berdasarkan chi-kwadrat. Hasil ujihipotesis berdasarkan koefisien product momen yaitu kemandirian belajar siswa(X1) terhadap hasil belajar memasang instalasi penerangan bangunan listriksederhana (Y) diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,561 > 0,396 dan ketahanan stressbelajar (X2) terhadap hasil belajar memasang instalasi penerangan bangunanlistrik sederhana (Y) diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,521 > 0,396.Hasil uji masing-masing variabel penelitian dapat disimpulkan bahwapersamaan regresi Y atas X1adalah Y = 7,552 + 0,185 X1 mempunyai hubunganyang linier dan berarti pada taraf signifikan 5% dan Persamaan regresi Y atas X2adalah Y = 6,273 + 0.210 X2 mempunyai hubungan yang linier dan berarti padataraf signifikan 5%. Dan persamaan regresi multiple Y = -2,309 + 0,109 X1 +0,122 X2 terdapat hubungan positif dan berarti antara kemandirian belajar siswadan ketahanan stress belajar dengan hasil belajar memasang instalasi peneranganbangunan listrik pada taraf signifikasi 5%.Maka dapat diungkapkan terdapat hubungan kemandirian belajar siswadan ketahanan stress belajar secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-samadengan hasil belajar memasang instalasi penerangan bangunan listrik sederhana.Hal ini memberikan arti : (1) semakin baik kemandirian belajar siswa maka hasilbelajar memasang instalasi penerangan bangunan listrik sederhana akan semakintinggi pula, (2) semakin baik kemandirian belajar maka hasil belajar memasanginstalasi penerangan bangunan listrik sederhana semakin baik pula, (3) semakinbaik kemandirian belajar siswa dan ketahanan stress belajar maka hasil belajarmemasang instalasi penerangan bangunan listrik sederhana semakin tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.307 1 Put h |
Keywords: | Hasil belajar MPBLS; Hakekat kemandirian belajar siswa; Ketahanan stres belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 23 Jan 2017 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18755 |