Sembiring, Edi Suranta (2013) PENERAPAN MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMSACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATERI INSTALASI SISTEM OPERASI BERBASIS GUI (GRAPHICAL USER INTERFACE) PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK. Undergraduate thesis, UNIMED.
508331017 Cover.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
508331017 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
508331017 Abstrak.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
508331017 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
508331017 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
508331017 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
508331017 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
508331017 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
508331017 Bab I.pdf - Published Version
Download (529kB) | Preview
508331017 Bab V.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
508331017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah masalah rendahnya hasilbelajar siswa pada materi instalasi sistem operasi di kelas X SMK Swasta HarapanStabat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa padamateri instalasi sistem operasi dengan menggunakan model pembelajarankooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) kelas X SMK SwastaHarapan Stabat.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalampenelitian sebanyak 36 orang siswa terdiri dari 16 laki-laki dan 20 perempuan.Pelaksanaan PTK dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapyaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknikpengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi.Tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda dengan 15 s/d 20 butir soal. Soalyang diberikan 3 kali yaitu tes awal, siklus I dan siklus II. sedangkan observasimeliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan pada saat dilakukan tes awal dari 36 orangsiswa diperoleh 6 siswa yang mendapat nilai tuntas dengan persentase 16,66%dan 30 siswa mendapat nilai tidak tuntas dengan persentase 83,33%, selanjutnyapada siklus I meningkat menjadi 25 siswa yang mendapat nilai tuntas denganpersentase 69,44% dan 11 siswa mendapat nilai tidak tuntas dengan persentase30,55%. Pada siklus II meningkat menjadi 32 siswa mendapat nilai tuntas denganpersentase 88,88% dan 4 siswa mendapat nilai tidak tuntas dengan persentase11,11%. Jadi dapat dikatakan bahwa ketuntasan belajar siswa dari siklus I kesiklus II meningkat sebesar 19,44%. Dari hasil observasi, pada siklus I kegiatanguru dalam mengajar diperoleh nilai rata-rata 75 dan kegiatan siswa selamamengikuti pelajaran diperoleh nilai rata-rata 69. Sedangkan pada siklus IIternyata terjadi peningkatan dimana kegiatan guru dalam mengajar memperolehnilai 92,18 dan kegiatan siswa selama mengikuti pelajaran memperoleh nilai91,66.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan modelpembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dapatmeningkatkan hasil belajar siswa pada materi instalasi sistem operasi berbasisGUI (Graphical User Interface) kelas X SMK Swasta Harapan Stabat”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.381 950 71 Sem p |
Keywords: | Pembelajaran; Kooperatif; STAD; Operasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3001 Distribution or transmission of electric power T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 23 Jan 2017 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18752 |