Simangunsong, Yeremia Peterson (2013) PENGARUH MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA MENERAPKAN DASAR-DASAR KELISTRIKAN KELAS X TEKNIKAUDIO VIDEO SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
508131051 Cover.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
508131051 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
508131051 Abstrak.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
508131051 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
508131051 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
508131051 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
508131051 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
508131051 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
BAB I 508131051.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
508131051 Bab V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
508131051 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Hasil Belajar KompetensiMenerapkan Dasar-dasar Kelistrikan (MDDK) dari Siswa Yang Diajar DenganModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Kooperatif tipe Student Teams AchivementDivision lebih tinggi dari Siswa Yang Diajar Dengan Model PembelajaranKonvensional Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran2012/2013.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program keahlian TeknikElektronika SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2012/2013. Metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian iniadalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang mengikuti kompetensiMDDK yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil seluruhsampel atau secara total sampling, dimana kelas X TAVA sebagai kelaseksperimen (kelas yang diterapkan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipeSTAD yang berjumlah 30 siswa serta kelas X TAVB menjadi kelas kontrol (kelasyang diterapkan perlakuan model pembelajaran Konvensional) yang berjumlah 30siswa. Jadi total subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 60 siswa.Teknik Pengumpul data dijaring dengan menggunakan test objektif. Untukmenguji normalitas instrument MDDK digunakan uji liliefors pada tarafkepercayaan (α) sebesar 0,05. Pada model pembelajaran kooperatif tipe STADdiperoleh Lhitung = atau 0,0859 dan Ltabel = 0,161. Maka diperoleh L0,0859 < L0,161pada kategori normal. Dan pada model pembelajaran konvensional Lhitung = atau0,0943 dan Ltabel = 0,161. Maka diperoleh L0,0943 < L0,161 pada kategori normal.Untuk Uji homogenitas antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dankonvensional digunakan uji barlett pada taraf kepercayaan (α) 0,05 diperolehFhitung sebesar 1,04 dan Ftabel 1,86 karena Fhitung < Ftabel atau 1,04 < 1,86 dandisimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Dengan menggunakan uji-tpada taraf kepercayaan (α) 0,05 untuk menguji hipotesis penelitian diperoleh,thitung = 3,64 dan ttabel yaitu 1,671 sehingga thitung > ttabel dan diambil kesimpulanbahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipeSTAD lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan modelpembelajaran Konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.307 1 Sim p |
Keywords: | Belajar; Model Pembelajaran; Kompetensi; Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 18 Jan 2017 08:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18745 |