Harahap, Budi Hariyanto (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PELATIHAN LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR MENGUASAI ALAT UKUR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
508131020 Cover.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
508131020 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (680kB) | Preview
508131020 Abstrak.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
508131020 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
508131020 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
508131020 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
508131020 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
508131020 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
508131020 Bab I.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
508131020 Bab V.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
508131020 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran pelatihan laboratorium dalam pembelajaran menguasai alat ukur listrik dan elektronika pada siswa kelas X Semester II SMK Negeri 1 Percut Seituan T.A. 2012/2013,yang berjumlah 30 orang.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen, dimana dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment). Teknik pengumpulan data dijaring dengan mengunkan posttest berupa test kognitif pilihan ganda dan test psikomotorik. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif,dengan mencari rata-rata nilai(mean) , standar deviasi dan varian total. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Lilliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05 dan uji hipotesis dengan menggunakan uji Z pada taraf kepercayaan(α) sebesar 0,05. Penelitian ini menunjukan bahwa (1) rata-rata hasil belajar menguasai alat ukur listrik dan elektronika adalah sebesar 78,56. (2) rata-rata hasil belajar menguasai alat ukur listrik dan elektronika yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Pelatihan laboratorium lebih tinggi dari nilai KKM yaitu 75. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar menguasai alat ukur listrik dan elektronika dengan strategi pembelajaran pelatihan laboratorium yang Hipotesiss (Ha) berbunyi “hasil belajar mungasai alat ukur listrik dan elektronika lebih tinggi dari kriterian ketuntasan minimal”. di terima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.307 1 Har p |
Keywords: | Hasil Belajar; Pelatihan; Alat Ukur; Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 16 Jan 2017 05:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18740 |