Prayogo, Rangga (2013) IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DENGAN TEKNIK INQUIRY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN HASIL PENGUKURAN LISTRIK DI KELAS X SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
508131042 Cover.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
508131042 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
508131042 Abstrak.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
508131042 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
508131042 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
508131042 Bab I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
508131042 Bab V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
508131042 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan Contextual Teaching Learning dengan teknik inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi Menggunakan Hasil Pengukuran Listrik di kelas X Teknik Instalasi Listrik SMK Negeri 1 Stabat.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Teknik Instalasi Listrik SMK Negeri 1 Stabat Kabupaten Langkat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Instalasi Listrik SMK Negeri 1 Stabat yang terdiri dari 31 orang, dan semua siswanya laki-laki.Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara teknik total sampling, dimana keseluruhan popuasi dijadikan sampel. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dan setiap siklus terdapat 1 kali pertemuan. Pada siklus I diperoleh jumlah siswa yang tuntas sebanyak 24 orang dengan persentase 77,41%. Hasil observasi keaktifan siswa pada siklus I untuk aspek psikomotorik mencapai 52,2% dan untuk aspek afektif hanya mencapai 32,7%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebesar 31 orang dengan persentase 93,54%. Hasil observasi siswa saat kegiatan belajar mengajar pada siklus II untuk aspek psikomotorik sudah lebih dari 74,8% siswa yang aktif. Sedangkan untuk keaktifan aspek afektif mencapai persentase 69,1%. Dari paparan ini maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan Contextual Teaching Learning dengan teknik inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Menggunakan Hasil Pengukuran Listrik di kelas X Teknik Instalasi Listrik SMK Negeri 1 Stabat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.307 1 Pra i |
Keywords: | Hasil Belajar; Pendekatan Pembelajaran; Contextual Teaching Learning (CTL); Metode Inquiry |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 14 Jan 2017 05:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18737 |