Siregar, Febryanto P (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PRAKTEKKERJA BATU ANTARA METODE PEMBELAJARAN SIMULASI DAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 MERDEKA BERASTAGI PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI BATU BETON TAHUN PELAJARAN2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
508111023 Judul.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
508111023 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
508111023 Abstrak.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
508111023 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
508111023 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
508111023 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
508111023 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
508111023 Bab I.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
508111023 Bab V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
508111023 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasilbelajar praktek kerja batu siswa kelas XI SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi TahunAjaran 2012/2013 yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaransimulasi dan metode pembelajaran demonstrasi. Sampel penelitian ini adalah sebagian siswa kelas XI Jurusan Teknik Bangunan di SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi yang diambil secara acak padakelas dengan undian sehingga didapat, Kelas XI Batu dan Beton Kel. A sebagaikelas Eksperimen dengan jumlah siswa 20 orang dan Kelas XI Batu dan Betonsebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 20 orang. Jadi total subjek yang diteliti adalah sebanyak 40 orang.Rancangan penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental dimanayang diteliti hanya hasil post-test praktek batu. Adapun instrumen penelitian ini adalah job sheet yang telah mengandung langkah-langkah untuk melakukan praktek. Dalam pengumpulan data, digunakan tes hasil belajar berupa tes praktek yang disusun oleh peneliti dan disetujui guru mata pelajaran dan dosen pembimbing.Dalam uji normalitas post-test pada kedua kelas diperoleh bahwaLhitung<Ltabel, sehingga distribusi dinyatakan normal. Pada uji Homogenitas data post-test menunjukkan Fhitung = 1,87 < FTabel = 4,096, maka dapat disimpulkanbahwa hasil belajar kedua kelas memiliki varians yang sama atau Homogen.Pada uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh bahwa, setelahkelas eksperimen dikenai pembelajaran metode simulasi dan kelas kontrol denganmetode demonstrasi, nilai thitung dikonsultasikan dengan ttabel pada dk=40 dan α=0,05, diperoleh harga ttabel = 2,0588, berarti thitung = 4,88866 > ttabel = 2,0588, maka dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima bahwa terdapat perbedaan antarahasil belajar praktek kerja batu antara siswa kelas X program keahlian konstruksi batu dan beton SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi Tahun Ajaran 2012/2013 yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran simulasi dengan metode pembelajaran demonstrasi.Rerata peningkatan hasil belajar mata diklat praktek kerja batu yangmenggunakan metode pembelajaran simulasi pada siswa kelas X programkeahlian konstruksi batu dan beton SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi TahunAjaran 2012/2013 lebih tinggi dibandingkan dengan metode pembelajarandemonstrasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 693.071 Sir p |
Keywords: | Konstruksi; Bangunan; Batu; Praktek Kerja; Pembelajaran; Demonstrasi; Keselamatan Kerja; Siku-siku; Tembok |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH3301 Maintenance and repair T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 09 Feb 2017 02:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18733 |