Toruan, Beriman Lumban (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR-DASAR GAMBAR TEKNIK ANTARA PEMBELAJARAN RECIPROCAL DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 BINJAI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
061255310027 Cover.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
061255310027 Abstrak.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
061255310027 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
061255310027 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
061255310027 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
061255310027 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
061255310027 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
061255310027 Bab I.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
061255310027 Bab V.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
061255310027 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mata pelajaran dasar-dasar gambar teknik antara pembelajaran reciprocal dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas x program keahlian teknik konstruksi batu dan beton SMK Negeri 2 Binjai tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Binjai Tahun Pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X TKBB 1 (32 orang), kelas X TKBB2 (32 orang). Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKBB 1(32 orang) sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas X TKBB 2 (32 orang) sebagai kelompok kontrol.Data untuk ubahan hasil belajar Dasar – Dasar Gambar Teknik (Y) diperoleh melalui tes. Sebelum instrumen untuk ubahan (Y) dipakai untuk menjaring data penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen. Dari uji coba instrument diketahui bahwa 30 butir item tes yang disusun ternyata ada 5 butir tes yang tidak valid dan 5 butir tes kategori jelek yang mana dari kelima tes tersebut merupakan tes yang tidak valid. Dan 25 butir tes yang sisa tersebut ternyata reliabel dengan r11 = 0,701 yang berarti tingkat keberartian tes hasil belajar sangat tinggi.Setelah data penelitian diperoleh, maka dilakukan uji persyaratan analisis guna mengetahui apakah data tersebut layak dipakai untuk menguji hipotesis penelitian yang menggunakan rumus uji-t. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah uji normalitas. Dari uji normalitas yang dilakukan diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa data ubahan mempunyai sebaran data normal.Dari hasil uji-t hasil belajar pengetahuan dasar – dasar gambar teknik siswa menggunakan pembelajaran Reciprocal dan pembelajaran konvensional pada taraf signifikan 5% = 1,98 diperoleh thitung > ttabel yakni 4,85 > 2,001, maka ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran reciprocal dengan pembelajaran konvensional terhadap mata pelajaran Dasar-Dasar Gambar Teknik pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Binjai Program Keahlian Konstruksi Batu dan Beton Tahun Pelajaran 2012/2013, sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 693.071 Tor p |
Keywords: | Konstruksi; Bangunan; Batu; Beton; Sumber Belajar; Gambar tehnik; Model Pembelajaran; Konvensional |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 13 Jan 2017 08:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18730 |