Thawaqkhal, Iqbal (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING(PENYIBAKAN)TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI STRUKTUR TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP SETIA NURUL AZMI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2102111014 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM 2102111014 LEGITIMATION SHEET.pdf - Published Version
Download (689kB) | Preview
3. NIM 2102111014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
4. NIM 2102111014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM 2102111014 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
6. NIM 2102111014 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM 2102111014 LIST OF APPENDDEXE.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
8. NIM 2102111014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
12. NIM 2102111014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
13. NIM 2102111014 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning (penyibakan) terhadap kemampuan memahami struktur teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Setia Nurul Azmi tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini berjumlah 87 siswa. Dari 87 siswa tersebut, ditetapkan sampel sebanyak 87 siswa yang diambil dari seluruh populasi sebab populasi kurang dari 100 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.
Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami struktur teks eksplanasi sebelum menggunakan model pembelajaran discovery learning tergolong dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 51,83, sedangkan kemampuan siswa memahami struktur teks eksplanasi setelah menggunakan model pembelajaran discovery learning tergolong dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 70,22. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan thitung (5,67) > ttabel (1,98) pada taraf signifikan α= 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan memahami struktur teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Setia Nurul Azmi Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran memahami struktur teks eksplanasi setelah menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelum menggunakan model pembelajran discovery learning, dan proses pembelajaran setelah menggunakan model pembelajaran discovery learning berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa memahami struktur teks eksplanasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 043 |
Keywords: | Discovery Learning; Teks Eksplanasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 02:35 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1873 |