Limbong, Alibasa (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS SISWA KELAS XI SMA SWASTA SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2123311003 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM 2123311003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
3. NIM 2123311003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM 2123311003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM 2123311003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM 2123311003 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 2123311003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 2123311003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
12. NIM 2123311003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
13. NIM 2123311003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap kemampuan menganalisis teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas XI SMA Swasta Sultan Iskandar Muda Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Sultan Iskandar Muda Medan sebanyak 217 orang dan pengambilan sampel dilakukan secara random sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 39 orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pre-test dan post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes menganalisis teks eksplanasi kompleks. Nilai rata-rata sebelum perlakuan (pre-test) adalah 66,66, standar deviasi 10,82, dan standar error 1,75 sedangkan nilai rata-rata setelah perlakuan adalah 78,84, standar deviasi 11,02, dan standar error 1,79. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata menganalisis teks eksplanasi kompleks setelah perlakuan lebih tinggi daripada nilai sebelum perlakuan. Pengujian hipotesis thitung =4,86 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5%= 1,66. Karena thitung = 4,86 > ttabel = 1,66 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) mempengaruhi kemampuan menganalisis teks eksplanasi kompleks siswa kelas XI SMA Swasta Sultan Iskandar Muda Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 027 |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah;; Menganalisis; Teks Eksplanasi Kompleks. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 02:27 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1871 |