Astuti, Feni (2012) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMUTEKSTIL DI KELAS X SMK NEGERI I BERASTAGI T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
2. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (718kB) | Preview
3. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4. BAB I.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
8. BAB V.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasilbelajar siswasertaaktivitassiswadan guru dalammatapelajaranIlmuTekstilmelaluimetodepembelajaranprobing-promptingpadasiswakelas X di SMK Negeri I Berastagi.Subyekdalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas X jurusan Tata Busana SMK Negeri 1Berastagi yang terdiridari 1 kelas yang berjumlah 37 orang, sedangkansubyeknyaadalahmatapelajaranIlmuTekstil. Data hasilbelajardikumpulkandenganmenggunakantespilihanbergandadalambentukpretesdanpostes, data aktivitassiswadanaktivitas guru.Berdasarkan data hasilpenelitianpadasiklus I diperolehbahwa rata-rata hasilbelajarsiswadari 37 orang siswadikatakantuntasbelajarsenanyak 10 orang atausekitar 27,03% dan yang tidaktuntassebanyak 27 orang atau 72,97%. Selanjutnyaberdasarkanhasilobservasipadasiklus I diperolehbahwapersentaseaktivitassiswasebesar 10,81% dikatakanbaik. Dengandemikianketuntasanbelajarsecarapadasiklus I belumtercapaisehinggadilanjutkandengansiklusselanjutnya.Berdasarkan data hasilpadasiklus II diperolehbahwa rata-rata hasilbelajarsiswa yang tuntasbelajarsebanyak 33 orang atau 89,19% dan yang tidaktuntasbelajarsebanyak 4 orang atau 10,81%. Padasiklus II ini, siswatelahmencapaiketuntasanbelajarsecaraklasikal.Selanjunyaberdasarkanhasilobservasipadasiklus II diperolehpersentaseaktivitassiswasebesar 67,57% dengankategoribaik, sertaaktivitas guru sebesar 100% sangatbaik. Dapatdisimpulkanbahwadenganmenggunakanmetodepembelajaranprobing-prompting dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranIlmuTekstil di kelas X SMK Negeri I Berastagi T.A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 646 Ast p |
Keywords: | Pembelajaran Probing- prompting; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 24 Jul 2019 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18683 |