SIREGAR, RUDY HOTMAN TUA (2012) HUBUNGAN MINAT MASUK SMK DAN KECERDASAN EMOSIONAL ( SOFT SKILL ) DENGAN HASIL BELAJAR PENGGUNAAN DAN PEMELIHARAAN ALAT UKUR SISWA TINGKAT I PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI I SITINJO TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 71255110002 LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (991kB) | Preview
NIM 71255110002 ABSTRAK .pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
NIM 71255110002 KATA PENGANTAR .pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
NIM 71255110002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
NIM 71255110002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
NIM 71255110002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
NIM 71255110002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
NIM 71255110002 BAB I .pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
NIM 71255110002 BAB V .pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
NIM 71255110002 DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat masuk SMK dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur dan sekaligus untuk mengetahui tingkat kecenderungan minat masuk SMK, kecerdasan emosional, dan hasil belajar penggunaaan dan pemeliharaan alat ukur. Metode penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah 147 orang siswa tingkat I Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Jumlah sampel ditentukan dengan berdasarkan tabel Krejcie dan Morgan, yaitu sebanyak 108 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan proporsional random sampling. Data variabel minat masuk SMK dan kecerdasan emosional dijaring dengan menggunakan angket sedangkan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat Ukur diambil melalui dokumentasi. Hasil uji coba angket minat masuk SMK dari 30 butir angket yang tidak valid adalah 5 butir jadi untuk menjaring data penelitian digunakan 25 butir angket dengan reliabilitas 0,925 yang termasuk pada kategori sangat tinggi. Begitu juga dengan kecerdasan emosional dari 30 butir angket yang tidak valid adalah 5 butir jadi untuk menjaring data penelitian digunakan 25 butir angket dengan reliabilitas 0,952 yang termasuk kedalam kategori sangat tinggi juga. Hasil analisis korelasi antara variabel menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan berarti antara minat masuk SMK dengan hasil belajar penggunaaan dan pemeliharaan alat ukur dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,314. Begitu juga dengan korelasi antara variabel kecerdasan emosional dengan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur menunjukkan korelasi yang berarti dengan koefisien korelasi rx2y sebesar 0,343 dimana pada taraf signifikansi 5% untuk jumlah responden sebanyak 108 orang, rtabel = 0,187. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara variabel minat masuk SMK dengan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat Ukur ry1,2 sebesar 0,258, dimana harga ttabel = pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,187. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara variabel kecerdasan emosional dengan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat Ukur ry2,1 sebesar 0,290, dimana harga ttabel = pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,187. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa terdapat hubungan linier yang berarti antara minat masuk SMK dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat Ukur dengan koefisien korelasi R sebesar 0,414 sementara itu diperoleh koefisien korelasi determinasi R2 sebesar 0,172 yang berarti bahwa 17,2% hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat Ukur dapat dipengaruhi oleh minat masuk SMK dan kecerdasan emosional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 620 Sir h |
Keywords: | Pemeliharaan;Alat Ukur;Minat Masuk |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18619 |